Jum'at, 6 Desember 2019

Kandouw : Kewenangan Pusat Belum Sepenuhnya Diserahkan ke Daerah

kandowmanadoterkini.com, SULUT – Pernyataan menarik diungkapkan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Drs Steven Kandouw agar pusat tidak setengah hati dalam menyerahkan kewenangan daerah.

Menurutnya, kewenangan pusat belum sepenuhnya diserahkan ke Daerah, sehingga kebijakan yang demikian tidak sejalan dengan nafas otonomi daerah yang telah memasuki usia 23 tahun.

“Hari ini (29/4/2019), adalah hari¬† ulang tahun otonomi daerah yang ke-23. Sungguh ironis, karena satu hal yang berbanding terbalik, daerah tidak diberikan kewenangan selebar-lebarnya,” ungkapnya di sela¬†pertemuan Konsolidasi Program dan Kegiatan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Tingkat Nasional Wilayah Tengah dan Timur Indonesia Tahun 2019 di Hotel Peninsula Senin (29/4/2019).

Wagub merinci sejumlah contoh konkret, salah satunya berkaitan dengan kegiatan pusat di daerah yang masih ditangani langsung.

Praktis kondisi ini akan mempengaruhi realisasi anggaran yang baru terserap di triwulan tiga.

“Menurut evaluasi Kementerian masih menangani berbagai kegiatan di daerah. Ini sangat tidak efektif yang pada akhirnya, pekerjaan-pekerjaan banyak yang tidak terserap,” tandasnya. (*/Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*