Senin, 16 Desember 2019

Pilkada Sulut 2020 Bakal Terkuras Rp 500 M, Kandouw Minta Ditanggulangi Pusat

 

wagubmanadoterkini.com, SULUT - Wakil Gunernur Sulut Steven Kandouw menyampaikan tentang rencana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), pada 2020 yang dipastikan akan menyerap anggaran sebesar Rp.500 miliar.

Pada pertemuan Konsolidasi Program dan Kegiatan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Tingkat Nasional Wilayah Tengah dan Timur Indonesia Tahun 2019 di Hotel Peninsula Senin (29/4/2019).

“Tahun depan kita akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak di Sulawesi Utara. Ada enam kabupaten dan satu tingkat provinsi. Kita sudah kalkulasi anggarannya, sedangkan belanja langsung kita yakni belanja modal kita cuma Rp1,2 triliun. Jadi dengan kata lain hampir 40% habis untuk membiayai pilkada,” tukasnya sembari berharap kebutuhan ini akan disampaikan ke pusat.

“Kalau dana Pilpres dan Pileg saja bisa dibiayai oleh APBN kenapa biaya Pilkada tidak bisa. Alangkah baiknya ke depan supaya tidak menggerus anggaran yang dimiliki oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang mengadakan pemilihan Pilkada. Mengingat hal ini akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat dan penyerapan anggaran pemerintah,” ujarnya.

Sekretaris Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) YB Satya Sananugraha yang membuka kegiatan mengatakan siap mengakomodir usulan wagub.

“Kami memiliki forum dialog antar Kementerian. Masukan Pak Wagub akan kami sampaikan,” ujarnya.(icad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*