Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

ROR Tekankan Pengelolaan Anggaran Harus Sesuai Peraturan Perundang-Undangan

×

ROR Tekankan Pengelolaan Anggaran Harus Sesuai Peraturan Perundang-Undangan

Sebarkan artikel ini

minahasamanadoterkini.com, TONDANO – Bupati Minahasa Ir Royke Oktavianus Roring MSi (ROR) hadir dalam Rapat pimpinan Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (EPPA) Triwulan I Tahun 2019 yang dilaksanakan Selasa, 30/4 tadi di ruang sidang kantor bupati.

Pada kesempatan tersebut, ROR mengatakan bahwa pelaksanaan pemerintahan daerah dengan paradigma baru khususnya pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara efektif, efisien, transparan, akuntabel, tertib, adil, patut, dan taat pada peraturan perundang-undangan.

“Hal ini bertujuan untuk menyeragamkan persepsi serta meningkatkan efisien dan efektifnya pengelolaan anggaran khususnya di lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah,” ujar Bupati.

Dalam mengevaluasi penyerapan anggaran dalam rangka mempercepat pelaksanaan program dan kegiatan pada DPA/DIPA perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa. Bupati mengingatkan kembali tentang pentingnya perencanaan dan penyusunan anggaran yang efektif serta ditujukan sebesar-besarnya untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat.

“Rapat pimpinan EPPA ini memiliki peran strategis dalam pencapaian kinerja masing-masing perangkat daerah, terutama dalam pencapaian realisasi keuangan maupun fisik. Untuk itu diharapkan perhatian kepada pimpinan OPD bahwa dalam mengelola keuangan serta tertib administrasi pelaporan realisasi keuangan dan fisik hendaknya disesuaikan dengan sistem monitoring pada aplikasi EPPA dengan memperhatikan instruksi  yang ada,” jelasnya.

Karena data pelaporan EPPA pada masing-masing OPD tersebut menjadi acuan pelaporan tim EPPA Kabupaten Minahasa pada sistem informasi monitoring Tepra (SISMONTEP) untuk provinsi dan pusat.

Untuk itu sirinha berharap seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk dapat mengikuti kegiatab tersebit dengan cermat dan aktif, semoga kegiatan ini menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemajuan Kabupaten Minahasa. (fis)