Senin, 18 November 2019

Potret Anak Pulau Bergelut Dengan Gelombang

anak pulaumanadoterkini.com, TAHUNA - Sowang dan Kaluwatu adalah kampung dalam wilayah kecamatan Manganitu Selatan (Mangsel) Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Di wilayah tersebut ada pulau, Manganitu Kedio dan Bembuni tak banyak yang tahu kalau di tempat tersebut ada sejumlah murid SD yang setiap harinya pergi ke sekolah naik perahu.

Saat ditemui manadoterkini.com salah seorang guru, Martinus Makatangin menuturkan kisah anak anak tersebut. Ia begitu kagum dengan semangat murid muridnya yang pantang menyerah.

Jika cuaca tak bersahabat dan tak mungkin untuk naik perahu anak anak tersebut terpaksa harus berjalan kaki amat jauh dan menghabiskan waktu berjam jam lamanya.

“Saya salut terhadap anak anak itu, mereka amat bersemangat dalam menuntut ilmu, “ungkap Makatangin.

Selain itu katanya para murid tersebut meski sakit tetap akan ke sekolah, padahal kondisinya tak memungkinkan untuk mengikuti proses belajar mengajar, bahkan setiap ke sekolah terkadang mereka bangun subuh dan tak sempat sarapan pagi karena mengejar waktu, namun bekal sudah disiapkan untuk mengganjal perut kosong saat lapar melanda.

Menariknya saat usai sekolah mereka memanfaatkan waktu memancing ikan Benyamin Nusalawo siswa kelas III SD Gmist Sesawi Kaluwatu asal Bembuni dan Aldein Katamang siswa kelas V SD Gmist Sion Sowang asal Manganitu Kedio mengaku tetap akan sekolah dan menuntut ilmu setinggi tingginya.

“Torang sadar torang pe orang tua nda mampu makanya torang smangat ba skolah karena torang ingin jadi guru,”ujar keduanya antusias.

Harapan keduanya dihari pendidikan ini, Pemerintah kiranya memperhatikan dan membantu apa yang menjadi kebutuhan untuk sekolah demi mencapai cita cita. Bahkan keduanya meminta penambahan tenaga guru karena sangat minim.

“Kalau boleh pemerintah lia akang pa torang disini, torang pe guru cuma tiga orang,”tutup keduanya.(***)

Catatan Wartawan spesial jelajah manadoterkini.com, Victor Tato Layuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*