Selasa, 18 Juni 2019

Komisi IX DPR RI Sambangi Bitung, Mantiri Sampaikan Ini

 

bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Dalam rangka Reses masa persidangan IV Tahun sidang 2018-2019, Komisi IX DPR RI di bawah pimpinan Dr. Sumarjati Arjoso, Skm menyambangi Kota Bitung. Kamis (02/05/2019)

Pemerintah Kota (Pemkot) dalam hal ini Wakil Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri menerima secara langsung kedatangan Komisi IX DPR RI bertempat di Aula UPTD Balai Pelatihan Tenaga Kerja Kelas A kota Bitung.

Dalam kesempatan itu Mantiri berterima kasih atas kepercayaan Tim Komisi IX DPR RI menjadikan Bitung sebagai tempat untuk mengisi istirahat masa sidang serta berkesempatan melihat kondisi ketenagakerjaan lewat kunker kali ini.

Mantiri menjelaskan secara umum gambaran program Pemerintah dalam menciptakan Tenaga Kerja yang memiliki Skill dan berdaya saing tinggi lewat Pelatihan Berbasis Kompetensi kolaborasi antara Pemprov Sulawesi Utara bersama Pemerintah Kota Bitung.

“Dengan tersedianya SDM yang berkualitas tentunya meminimalisir masuknya tenaga kerja asing dan mengurangi angka pengangguran secara langsung berkontribusi terhadap pembangunan kota ini,” ujar Mantiri

Apa yang disampaikan Mantiri mendapat respon positif dari para legislator Komisi IX DPR RI, sehingga mendukung sepenuhnya program tersebut yang kini sudah memasuki tahap kedua.

Arjoso mengatakan pihaknya terus mendorong pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk fokus memberikan sinergitas dalam rangka mencetak para tenaga kerja berkualitas di Balai Latihan Kerja (BLK). Dalam hal ini sinergitas yang dimaksudkan adalah penyesuaian antara calon tenaga kerja dengan lapangan kerja yang dibutuhkan harus jelas.

“Yang ingin kita lakukan sekarang adalah mereka yang membutuhkan pekerjaan dilatih kemudian lapangan pekerjaannya tersedia, dan ketika selesai mereka bisa bekerja. Ini artinya bahwa mengurangkan angka kemiskinan menjadi sebuah keniscayaan,” katanya

Kota Bitung pun mendapat apresiasi karena telah merealisasikan program dalam rangka mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja terlebih setelah ditetapkannya KEK dan International Hub Port di Bitung. (REFLY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*