Rabu, 13 November 2019

Jamin Tersedianya Penerus Handal, Karakter Generasi Muda di Minahasa Terus Dibina

minahasamanadoterkini.com, TONDANO – Pembinaan karakter generasi muda di Kabupaten Minahasa menjadi salah satu hal yang diberi perhatian khusus oleh pemerintah. Hal tersebut untuk menjamin tersedianya generasi penerus untuk menjadi pemimpin yang handal.

“Perubahan sosial yang berlangsung di Indonesia cenderung mengarah pada perubahan sosial yang tidak baik. Hal ini karena terjadi ketegangan antar generasi yang menyebabkan terjadinya keracunan nilai anime yaitu tidak jelasnya lagi ukuran etis tentang yang baik dan yang buruk,” ujar Sekretaris Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng SH MSi di dihadapan siswa-siswi SMP Negeri 1 Tondano pada Kamis, 9/5 tadi.

Akibat dari hal tersebut, semakin meningkat kenakalan remaja, meluasnya perilaku menyimpang deviant behavior dan kriminalitas dalam berbagai bentuk di Indonesia. Karena itu perubahan sosial dapat dimulai dari keluarga. “Sebab pembentukan karakter anak mulai dari rumah, lingkungan sekitar beserta orang-orang yang selalu bersama dengan anak-anak,” jelasnya.

Karenanya orang tua memiliki peran besar untuk mengasuh anak-anak agar tumbuh menjadi pribadi-pribadi unggul. Disamping itu Indonesia pada saat ini perlu membangun shared-meaning dan shared-vision yaitu kesepakatan kesamaan nilai-nilai sebelum melakukan perubahan.

“Menyadari begitu pentingnya kedudukan dn peranan pemuda, maka Bung Karno pernah mengatakan ‘Seribu Orang Tua Hanya Dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia’. Sebagai pemerintah sekaligus sebagai orang tua, berharap generasi muda Minahasa mampu membangun diri menjadi manusia yang mempunyai kepribadian yang utama sesuai kehendak Tuhan yang Maha Esa,” pungkasnya. (fis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*