Minggu, 20 Oktober 2019

Himpsi Nilai Medsos Berdampak Bagi Disintegrasi

manadomanadoterkini.com, MANADO – Ketua II Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Dr. Andik Matulessy, M.Si, Psikolog, menegaskan bahwa media sosial (medsos) berdampak disintegrasi ditengah masyarakat.

Hal itu disampaikan Andik saat mengunjungi dan menghadiri Musyawarah Wilayah (Muswil) V HIMPSI Sulut di Gran Puri Hotel Manado.

Oleh karena itu menurut Andik, pihaknya telah memberikan masukan kepada Presiden karena bagi dia hal itu bisa memberikan pemahaman yang baik pada masyarakat luas.

“Dengan teknologi informasi ini punjuga karena kami melihat perkembangan teknologi informasi juga akan memberikan dampak tentang disintegrasi, karena kami lihat sekarang ini mulai banyak orang berprasangka buruk, memberi, memunculkan banyak hal yang mana itu sangat mengerikan karena akan menimbulkan konflik-konflik di antara kelompok-kelompok (masyarakat),” jelas Andik.

Disatu sisi lanjut Andik, HIMPSI juga menyarankan agar konflik-konflik di masyarakat usai Pemilihan Umum (Pemilu) harus segerah diakhiri.

“Kami memberikan penyadaran- penyadaran bahwa keberagaman itu penting, sejak awal kita sudah beragam, sehingga menghormati pandangan orang lain, kelompok lain menjadi sesuatu yang sangat penting,” ujar Andik Matulessy.

Dia menambahkan HIMPSI memberikan peran lewat HIMPSI di Wilayah-Wilayah, salah satunya pada saat diberi kesempatan untuk memberikan pemeriksaan psikologi bagi para calon pemimpin bangsa ini untuk memilih pemimpin yang baik.

“Tentunya diharapkan pemimpin yang baik itu yang sudah memiliki karakter psikologis yang bagus itu harapannya, juga akan memberikan yang terbaik pada bangsa ini baik di daerah-daerah maupun di tingkat pusat,” ujar Andik.

Muswil V HIMPSI Sulut sendiri diawali dengan doa yang dibawahkan oleh Dr. Charles Rembang, S.Psi, CBA, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua HIMPSI Sulut Erens P. Sanggelorang, S.Psi., M.M dan pembacaan laporan Muswil V HIMPSI Sulut oleh Ketua Panitia Jansen Mawikere, S.Psi., M.Psi., Psikolog. (Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*