Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

Cegah Inflasi, Peran TPID Harus Maksimal

×

Cegah Inflasi, Peran TPID Harus Maksimal

Sebarkan artikel ini

minahasamanadoterkini.com, TONDANO – Fluktuasi harga yang memicu terjadinya inflasi daerah harus dihindari supaya tidak menyebabkan kerugian bagi masyarakat dan  pedagang pengecer di Kabupaten Minahasa.

Karena itu peran Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) harus maksimal. Hal tersebut diungkapkan Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) dalam Rapat  Koordinasi TPID Kabupaten Minahasa pada Senin (27/5) tadi di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa. “Peran TPID ini sangat penting karena lewat TPID tidak terjadi fluktuasi harga sembako,” kata Bupati.

Menurutnya, yang sangat berpengaruh terjadinya inflasi di Kabupaten Minahasa yaitu bawang, rica dan tomat (Barito) serta tabung gas elpiji. “Karna itu dikala menyambut hari-hari besar ke agamaan nasional, kususnya Idul Fitri, tentu hal ini perlu kita koordinasikan bersama dan juga kita menseriusi situasi harga yang akan membawa dampak Inflasi daerah,” ungkapnya.

Minahasa adalah salah satu wilyah kedua terbesar di Sulawesi Utara setelah Kota Manado. Dan juga di Minahasa terdapat tiga pasar besar yakni pasar Langowan pasar Tondano dan pasar Kawangkoan serta ada juga pasar-pasar kecil lainya. “Untuk itu marilah kita TPID baik dinas yang terkait di dalamanya Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan, para Camat, kepala-kepala pasar dan juga pengusaha, marilah kita betul-betul menseriusi hal ini,” jelas Bupati.

Kedepannya akan dilakukan upaya-upaya khusus dalam rangka menyambut hari raya keagamaan supaya tidak terjadi inflasi daerah. “Dan itu harus kita mulai dari sekarang. Saat ini Pemkab Minahasa melalui instansi terkait sementara menyalurkan benih cabe kepada kelompok-kelompok tani dan kelompok keagamaan,” tutupnya.

Rakor TPID tersebut juga dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara  Arbonas Hutabarat Beersama Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan BPK Gunawan, Kepala Bidang Pengadaan Divre Sulut dan Gorontalo, Herman, Kepala Badan Pusat Statistik Minahasa Leopord Richard Rawung, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Minahasa DR Sihar Wilford Siagian, MA, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, dan Para Pengusaha. (fis)