Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

Lepas Pawai Takbir, Mangala : Ini Adalah Bagian Dari Kebersamaan

×

Lepas Pawai Takbir, Mangala : Ini Adalah Bagian Dari Kebersamaan

Sebarkan artikel ini

minahasamanadkterkini.com, TONDANO – Mewakili Bupati Minahasa, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala melepas peserta Pawai Takbir Malam Idul Fitri 1440 Hijriah pada Selasa 4 Juni 2019 malam tadi. Pawai Takbir mengambil lokasi start di depan Kodim 1302 Minahasa dan finish di depan Masjid Agung Al Fallah Kampung Jawa Tondano.

Kegiatan diawali dengan membacakan Basmalah dilanjutkan prakata Ketua PHBI H. Sam Thayeb. “Pawai takbiran untuk menyambut kemenangan setelah melaksanakan kewajiban berpuasa selama sebulan yang sudah kita lalui,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo SSos MSi mengatakan bahwa sekarang adalah waktu kita menunjukkan kepada masyarakat luas dan kepada orang-orang disekitar kita bahwa di Kabupaten Minahasa sudah tercipta Kerukunan umat beragama yang tinggi. “Untuk itu mari laksanakan takbir keliling ini dengan sebaik baiknya sehingga tetap tercipta suasana kondusif dan penuh kekeluargaan,” singkat Dandim.

Denny Mangala yang mengutip sambutan Bupati mengatakan kalai momentum tersebut bukan semata-mata hanya rutinitas umat Muslim setelah selesai melaksanakan ibadah puasa. Tapi adalah ekspresi kebahagiaan yang betul-betul menunjukkan toleransi dan rasa kebersamaan.

“Takbir ini juga sebagai tanda Minahasa aman dan damai dan di berkati Tuhan, khususnya di Tondano. Mari kita tunjukan takbir ini bagian dari kebersamaan kita, saling mengasihi satu dengan yang lainnya, masyarakat yang cinta damai dalam tali persaudaraan, yang kita buktikan dalam pawai takbir ini,” kata Mangala.

Pemerintah Kabupaten Minahasa juga berterima kasih kepada Forkopimda yang telah memasukkan ide-ide bagaimana menjaga kerukunan dan kedamaian di tanah Minahasa yang kita cintai ini. Dengan harapan kedepan untuk selalu bergandengan tangan bersama dengan setiap komponen bangsa yang ada di Minahasa. Agar Minahasa lebih aman dan lebih baik lagi.

“Atas nama Lemerintah Kabupaten Minahasa, Bupati Ir  Royke Octavian Roring MSi, Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi menyampaikan selamat menyambut hari raya Idul Ditri 1440 H kepada umat Muslim yang ada di Minahasa,” pungkasnya

Selain pejabat-pejabat yang sudah disebutkan tadi, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung SH, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK, Tokoh-Tokoh Agama, Tokoh-tokoh Masyarakat, Ormas Brigade manguni, Laskar Manguni, undangan dan peserta Pawai Takbiran. (fis)