Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususManado

Manado Tuan Rumah Perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat ke-243

×

Manado Tuan Rumah Perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat ke-243

Sebarkan artikel ini

Walikota GSVL : Terima Kasih telah memilih Kota Manado

Suatu kebanggaan bagi Kota Manado, karena tahun 2019 ini dipilih oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) menjadi tuan rumah dan tempat penyelenggaraan perayaan Hari Kemerdekaan AS atau Independence Day yang ke-243, dan juga perayaan hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Indonesia yang ke-70 tahun, Senin (17/06/2019).

AS-manado
Walikota Manado Vicky Lumentut menerima cenderamata dari Dubes AS Joseph Donovan Jr.

Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut (GSVL) didampingi istri tercinta Prof DR Julyeta PA Runtuwene MS DEA hadir dalam kegiatan tersebut. Sebelum mengikuti acara puncak yang digelar di salah satu hotel di Jln Piere Tendean Boluevard, Walikota GSVL bersama istri secara khusus memenuhi undangan makan malam oleh Consulate General of The United States of America (USA), dan bertemu langsung dengan Duta Besar Joseph Donovan Jr bersama istri tercinta Mei Chou dan Konjen USA Mark McGovern.

 

Kota Manado dipilih karena aman dan menjunjung tinggi toleransi

Dalam pertemuan itu, Walikota GSVL turut menyampaikan bahwa atas nama pemerintah dan warga Kota Manado sangat berbangga dan berterima kasih karena pihak kedutaan Amerika Serikat telah memilih Kota Manado sebagai tempat pelaksanaan perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat.

AS-manado
Walikota Manado Vicky Lumentut akrab berdiskusi dengan Dubes AS Joseph Donovan Jr.

“Atas nama warga Kota Manado, saya menyampaikan sangat bangga dan berterima kasih kepada Kedutaan Besar Amerika Serikat yang sudah memilih Manado sebagai tempat pelaksanaan perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat,” ujar Walikota GSVL.

Tidak hanya itu, Walikota Manado dua periode ini juga turut mengundang kembali Duta Besar AS Joseph Donovan Jr bersama istri serta Konjen AS untuk datang kembali menyaksikan kemeriahan Manado Fiesta 2019 yang akan dilaksanakan pada 27 Juli – 4 Agustus 2019.

AS-manado
Walikota Manado Vicky Lumentut akrab berdiskusi dengan Dubes AS Joseph Donovan Jr.

Di satu sisi, warga Kota Manado diminta Walikota GSVL untuk tetap menjaga suasana yang aman, damai, serta menjunjung tinggi toleransi yang sudah terbina selama ini.

“Kedutaan Besar AS memilih Kota Manado sebagai tempat penyelenggaraan perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat yang ke-243, dan juga perayaan hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Indonesia yang ke-70 pada tahun 2019 ini karena mereka menganggap kota kita tercinta ini aman dan tentram, dan menjaga selalu sikap toleransi. Ini yang perlu kita jaga terus,” ujar Walikota GSVL.

 

Hubungan diplomatik AS dan Indonesia semakin kuat

Diketahui, di usia 243 tahun kemerdekaan-nya, AS semakin meningkatkan jalinan dengan Indonesia, bahkan akan semakin mempererat kerjasama bilateral secara utuh, yang senantiasa membawa bagi kedua pihak, baik dalam bidang sosial, politik dan ekonomi, maupun dalam bidang lainnya.

AS-manado
Perayaan Hari Kemerdekaan AS yang ke-243, dan juga perayaan hubungan diplomatik antara AS dan Indonesia yang ke-70.

Selang 70 tahun hubungan AS dan Indonesia, secara umum terus menunjukkan peningkatan dan saling menguntungkan. Hubungan diplomatik ini harus semakin diperkuat dalam mengoptimalkan kerjasama kedepannya.

“Kita berharap hubungan yang baik selama ini antara Indonesia dan AS akan terus berlanjut dan semakin kuat. Dengan demikian, berimbas pada investasi, karena banyak investor AS di Indonesia. Tujuannya agar rakyat Indonesia khususnya di Kota Manado semakin sejahtera,” ujar Walikota GSVL.

AS-manado
Dubes AS Joseph Donovan Jr bersama istri dan Walikota Manado bersama isteri, foto bersama tim paduan suara Pemkot Manado.

Dalam acara tersebut turut dihadiri Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, para Bupati/Walikota se-Sulut, Sekda Kota Manado Micler CS Lakat SH MH serta para tamu undangan lainnya.(LiputanKhusus)