Selasa, 2 Juni 2020

Optimalisasi PAD Diberi Perhatian Khusus

minahasamanadoterkini.com, TONDANO – Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak kembali mendapat perhatian serius dari Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR). Berbagai langkah strategis disiapkan, salah satunya dalam upaya meningkatkan pemasukan Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Hal tersebut terlihat dalam rapat optimalisasi pajak dan PAD serta sinkronisasi administrasi dokumen Rencana Strategi (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) di jajaran Pemkab Minahasa. Pada kesempatan tersebut, Bupati langsung menginstruksikan Dinas Pajak dan Retribusi Daerah (PRD) Minahasa agar melakukan upaya-upaya khusus untuk memaksimalkan penyerapan PBB-P2, diantaranya pemuktahiran data wajib pajak.

“Jadi nanti sebelum PBB-P2 ditetapkan, Dinas PRD harus berkoordinasi dengan camat dan hukum tua atau lurah untuk memperbaharui data yang ada. Ini penting untuk dilakukan supaya data dan nilai objek pajak dari masing-masing wajib pajak benar-benar sinkron,” ujar Bupati dihadapan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir dalam rapat evaluasi di ruang sidang Kantor Bupati.

Penegasan itu disampaikan Bupati usai mendengar pemaparan capaian program dari tiap OPD serta kendala-kendala yang sering terjadi. “Sepintas saya sudah mendengarkan pemaparan program dari Dinas, Badan dan Kecamatan yang ada, termasuk indikator yang sudah bagus. Namun tentunya harus menyelesaikan apa-apa yang masih menjadi kendala,” ungkapnya.

Tak hanya itu, untuk mengoptimalkan penyerapan pajak, Bupati mengatakan Pemkab Minahasa akan membentuk Tim Terpadu yang didalamnya melibatkan unsur pihak kepolisian, kejaksaan dan Satuan Polisi Pamong Praja. “Jadi tim ini akan memberikan pemberitahuan kepada para wajib pajak yang belum menyelesaikan pajak tahun yang sudah lewat agar segera melunasi kewajibannya,” tegas Bupati.

Bupati kemudian meminta tiap OPD untuk merealisasikan sesuai target dengan melakukan konsolidasi sehingga tidak menghambat kinerja. “Intinya mari kita semua memaksimalkan waktu sebab ini berkaitan dalam rangka menunjang kemajuan daerah dari berbagai aspek,” pungkas Bupati. (fis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*