Jum'at, 5 Juni 2020

Masyarakat Desak Pemerintah Segera Laksanakan Pilhut Tahun 2019

manadomanadoterkini.com, TONDANO – Masyarakat mendesak supaya Pemerintah Kabupaten Minahasa segera melangsungkan agenda Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) di tahun 2019 ini. Pasalnya terdapat sejumlah desa yang masa jabatan Penjabat Hukum Tua-nya sudah bertahun-tahun.

“Sebagai masyarakat, kami menginginkan supaya desa kami dipimpin oleh Hukum Tua definitif. Karena itu kami berharap supaya dilakukan Pilhut secepatnya. Kalau bisa, tahun ini saja,” ujar lelaki berkacamata yang akrab disapa hence tersebut.

Menanggapinya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Minahas Dr Denny Mangala MSi mengatakan bahwa sudah ada surat edaran dari Gubernur Sulawesi Utara terkait Pilhut.

Dan saat ini Pemkab Minahasa sementara melakukan kajian dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2019.

“Persoalannya jika dilakukan akhir tahun ini, masa kampanye akan kena di bulan Desember. Dan itu sudah masa Natal,” ungkap Mangala.

“Pemkab Minahasa telah melaksanakan Pilhut serentak dua gelombang. Gelombang pertama tahun 2015 dan gelombang kedua tahun 2017. Yang kami prioritaskan adalah desa- desa yang Plt Hukum Tua-nya sudah menjabat lebih dari 4 tahun. Untuk gelombang ke tiga tahun ini. Memang tidak dilaksanakan pada awal tahun mengingat ada Hukum Tua yang masa jabatannya baru berakhir sesudah bulan Januari,” sambungnya. (fis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*