Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Bupati Minsel Hadiri Indonesia International Smart City Expo

×

Bupati Minsel Hadiri Indonesia International Smart City Expo

Sebarkan artikel ini

minselmanadoterkini.com, AMURANG – Ajang Indonesia International Smart City Expo & Forum (IISMEX) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (17/7) dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE menghadiri pameran dan forum teknologi industri terbesar dan terlengkap di Indonesia itu.

Bupati Minsel melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika (Diskominfo) Roy Mandey SH menyebutkan, ajang IISMEX 2019, atau dikenal dengan sebutan Pameran dan Forum Internasional Kota Cerdas Indonesia merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo bekerjasama dengan PT Napindo Media Ashatama.

Kata dia, ajang yang diselenggarakan sejak 2017 itu, menampilkan teknologi terkini di bidang industri air, air limbah, pengelolaan limbah, energi baru terbarukan, kolam renang, keamanan, proteksi kebakaran, SAR, penanggulangan bencana, K3 dan pengembangan kota cerdas.

Lanjut Dia, Minsel yang menerapkan smart city berkepentingan untuk mengikuti ajang tersebut,

“Ajang ini menampilkan konsep serta inovasi sistem perkotaan yang mengintegrasikan teknologi digital, guna membangun sebuah kabupaten yang dapat berkinerja dengan baik dalam pelayanan penduduk, ekonomi, pemerintahan, mobilitas dan lingkungan hidup,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Dia, akan membuat Minsel akan menjadi lebih efektif, efisien, aman, nyaman, sejahtera, ramah lingkungan dan layak tinggal.

Diketahui Wakil Presiden RI Jusuf Kalla saat membuka Indonesia Internasional Smart City Expo and Forum 2019, menyatakan, kota cerdas merupakan cerminan dari kepala daerah cerdas dan masyarakat yang cerdas.

“Kota cerdas hanya dapat terealisasi oleh kepala daerah yang cerdas. Apapun peralatannya, apapun teknologinya, tanpa Wali Kota yang cerdas, tanpa Bupati yang cerdas tidak akan tercapai kota cerdas,” kata Wapres saat membuma ISMEX di JCC Senayan Jakarta Pusat.

Kata dia, teknologi dalam smart city hanya sebagai penunjang, “Yang terpenting adalah kepala daerah yang mampu memaksimalkan teknologi dan berinovasi,” terangnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri Kominfo, Rudiantara, Kepala Pusat BNPB, Doni Munardo, para kepala daerah, Gubernur, Wali Kota dan Bupti serta seluruh Kepala Dinas Kominfo se-Indomesia.

Kehadiran Bupati dampingi Kepala Diskominfo Minsel Roy Mandey dan Kabag Humas Altin Sualang SSTP MPA.(dav)