Jum'at, 5 Juni 2020

Cegah Generasi Muda Terjerumus Narkoba, Pemkab Minahasa Lakukan Penyuluhan

manadomanadoterkini.com, TONDANO – Bahaya Narkoba atau saat ini disebut Napza, sudah berulang kali disosialisasikan. Namun meski dampak negatifnya sangat jelas, masih saja ada orang yang ingin mencicipi Napza.

Mengantisipasi generasi muda ‘Tanah Toar Lumimuut’ terjerumus kedalam penggunaan Napza, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa intens melakukan penyuluhan.

Selasa, 22/7 tadi, Pemkab Minahasa serta sejumlah pihak terkait melakukan penyuluhan tentang bahaya Narkoba/Napza bagi pemuda di Aula Benteng Moraya Tondano.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Minahasa Drs Jeffry Korengkeng mewakili Bupati Minahasa mengatakan bahwa Narkoba/Napza adalah bahan atau saat atau obat yang bila masuk ke dalam tubuh manusia akan mempengaruhi tubuh terutama otak atau susunan saraf pusat sehingga menyebabkan gangguan kesehatan fisik, psikis, dan fungsi sosial oleh karena terjadi kebiasaan, ketagihan, serta ketergantungan terhadap Napza.

minahasa“Napza sering disebut juga sebagai Zat Psikoaktif yaitu zat yang bekerja pada otak sehingga menimbulkan perubahan perilaku, perasaan dan pikiran. Begitu banyaknya dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba tentunya akan membuat generasi muda berpikir positif untuk menghindar dan bagi yang telah terlanjur ada dalam lingkungan negatif tersebut berusaha kuat untuk meninggalkannya,” ujar Korengkeng.

Say no to drugs harus semakin ditanamkan dalam hati para generasi muda dan masyarakat pada umumnya. Masalah  narkoba adalah masalah kita semua. Kita harus memberantas penyalahgunaan narkoba dengan berbasis pada ketahanan keluarga.

“Narkoba sangat merusak generasi penerus bangsa maka hal yang paling utama untuk dilakukan adalah tindakan preemtif (edukatif), dam preventif (pencegahan),” jelasnya.

Korengkeng juga memberikan apresiasi kepada para narasumber yang telah bersedia untuk membagi ilmu dan informasi bagi para siswa generasi muda di Kabupaten Minahasa tentang bahaya narkoba.

“Saya berharap para peserta dan kita semua akan dibekali dalam kegiatan ini dan akan menjadi agen-agen perubahan dalam upaya bersama menanggulangi dan memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba demi Minahasa yang semakin hebat kedepannya,” harapnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut yakni Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny Roring-Lumanauw, SIP, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Minahasa Janny Kaunang, S.Pd, M.Pd serta Para peserta penyuluhan. (fis)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*