Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

Minahasa Kukuhkan Status KLA

×

Minahasa Kukuhkan Status KLA

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, TONDANO – Kabupaten Minahasa meraih prestasi terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak. Atas prestasi tersebut, ‘Tanah Toar Lumimuut’ dikukuhkan dengan status Kabupaten Layak Anak (KLA).

Penganugrahan penghargaan KLA tahun 2019 dilaksanakan di Hotel Four Points By Sheraton Makassar. Acara diawali dengan laporan oleh Dra Lenny Rosalin, M.Si dimana dalam laporannya disampaikan bahwa penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak ini merupakan apresiasi bagi daerah dalam komitmen dan upayanya untuk pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Penerima penghargaan ini telah melalui proses penilaian yang komprehensif oleh tim independen dengan memperhatikan 24 Indikator Penilaian.

“Proses penilaian melalui 4 Tahap yaitu : 1. Penilaian Mandiri; 2. Verifikasi Administrasi; 3. Verifikasi Lapangan; dan 4. Verifikasi Final. Selanjutnya dilaporkan bahwa untuk penghargaan KLA Tahun 2019 merupakan tahun ke-7 di gelar, dan untuk Tahun 2019 ini terdapat 247 Kab/Kota yg meraih penghargaan ini, meningkat 40% dibandingkan dengan Tahun 2018,” urainya.

Sementara itu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Prof. DR. Yohanna Yembise, Dip Apling, MA, menegaskan komitmen pemerintah dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak sesuai amanat UUD 1945 Pasal 28B ayat 2.

“Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” ujar menteri.

Sekretaris Kabupaten Drs Jeffry Korengkeng MSi yang mewakili Kabupaten Minahasa dalam momentum penganugrahan penghargaan tersebut mengatakan bahwa pihaknya bersyukur atas penghargaan tersebuy.

“Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat Minahasa dan kepada seluruh stakeholder terkait atas kerjasama yang baik sehingga Kabupaten Minahasa dapat meraih penghargaan ini. Tentunya sejalan dengan komitmen Pemerintah Pusat untuk dapat terus mendukung program-program untuk anak di Kabupaten Minahasa,” ujar Korengkeng.

“Sebagai contoh kepedulian Pemkab Minahasa terhadap anak adalah pemberian seragam sekolah gratis bagi anak sekolah. Kedepan kami berharap agar dapat meningkatkan perhatian bagi pemenuhan hak-hak dan perlindungan anak,” jelas Korengkeng setelah menerima penghargaan KLA Pratama dari Menteri PP-PA RI. (fis)