Jum'at, 20 September 2019

Bupati Minsel Hadiri Acara Konsultasi RPJMN 2020-2024 di Manado

minselmanadoterkini.com, AMURANG – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE menghadiri Konsultasi Regional Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 di Hotel Sintesa Peninsula Manado.

Acara yang secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven Kandouw, tersebut merupakan tahap akhir dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025.

Dalam sambutannya Wagub menegaskan, perlunya pendampingan dari pihak Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia atau Bappenas sehingga dapat mengawal visi dan misi RPJMD Provinsi Sulut.

Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas, Dr.Ir. Gellwynn Daniel Hamzah Jusuf, M.Sc yang hadir secara langsung pada acara memaparkan ada tujuh agenda pembangunan RPJMN 2020-2024. Pertama adalah memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas. Kedua, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan.

Kemudian Ketiga, meningkatkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Keempat, membangun kebudayaan dan karakter bangsa. Kelima, memperkuat infrastuktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar. Keenam, membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim. Dan yang ketujuh, memperkuat stabilitas Polhukhankam dan transformasi pelayanan publik.
Sementara itu, Bupati Minsel berharap agar dalam penyusunan RPJMN ini mampu menjawab kesenjangan pembangunan di kawasan timur Indonesia.

“Termasuk mampu memberikan percepatan pembangunan di Sulawesi Utara termasuk Kabupaten Minsel,” harapnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*