Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

Wabub RD Hadiri Agenda Strategis Se-Sulawesi

×

Wabub RD Hadiri Agenda Strategis Se-Sulawesi

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, TONDANO – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si , MM hadir dalam kegiatan Konsultasi Regional Pulau Sulawesi dalam Penyusunan Rancangan Awal RPJMN 2020-2024 Se Sulawesi, yang dilaksanakan oleh Kementrian PPN/Bappenas, di Hotel Sintesa Penisula Manado, Senin (5/8) tadi.

Materi kegiatan yang disampaikan dalam rangka penguatan perencanaan pembangunan seperti yang diamanatkan dalam Peraturan No 17 Tahun 2017 tentang Sinkronisasi Proses Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Nasional. Dalam penyusunan RPJM tahun 2020-2024 dengan dilakukan pendekatan tematik, holistik, integratif dan spesial (THIS) yang didukung dengan penganggaran berbasis program (money follows program).

Seperti : Tematik untuk penentuan tema-tema prioritas, Holistik untuk pencapaian prioritas nasional melalui koordinasi berbagai K/L serta pemerintah daerah, dengan intregritas antar bebagai program / kegiatan untuk mencapai prioritas nasional dan sosialisasi dalam perencanaan kegiatan serta mempertimbangkan keterkaitan antar wilayah untuk sasaran prioritas nasional.

Adapun prinsip-prinsip tersebut dapat diwujudkan dalam rangka penyusunan RPJMN 2020-2024 melalui berbagai tahapan penting. Antara lain penyusunan background study, sebagai landasan akademis yang memotret kondisi kinerja dan tantangan pembangunan secara objektif.

Adapun pendukung lainnya dalam rancangan teknokratik yang dimutakhirkan menjadi Rancangan Awal RPJMN 2020-2024 yang didalamnya mengadopsi dan menjabarkan Visi Misi Presiden terpilih, termasuk menampung arahan RPJMN, dengan prioritas pembangunan daerah dan target SDG sebagai komitmen global.

Dalam forum konsultasi regional ini ada 7 agenda pembangunan disampaikan, 1. memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas, 2. Mengmbangkan wilayah untuk mengurangi sesenjangan dan menjamin pemerataan, 3. Mewujudkan pembangunan manusia yang berkualitas dan berdaya saing, 4. Membangun kebudayaan dan revolusi mental, 5. Memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar, 6. Membangun lingkungan hidup, dan meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim, 7. Memperkuat stabilitas Polhukhankam dan transformasi pelayanan publik.

“Tujuan penyelenggaraan konsultaisi regional ini adalah, memberikan masukan subtantif dan terfokus pada setiap agenda pembangunan, sebagai bahan penyusunan Rancangan Awal RPJMN 2020-2024 dengan menyelaraskan target dalam 7 agenda pembangunan nasioanal dengan prioritas pembangunan daerah per pulau besar,” ujar RD kepada sejumlah wartawan.

Penyampaian kegiatan dari Sekretaris Menteri PPN/BAPPENAS Dr. Ir. Gellwynn Daniel Hamzah Jusuf, M.Sc, Menyampaikan bahwa konsultasi regional ini merupakan bagian dari rangkaian konsultasi publik yang bertujuan untuk menghimpun masukan dan menyamakan persepsi dari setiap segenap pelaku pembangunan khususnya elemen masyarakat didaerah yang diantaranya meliputi unsur pemerintahan daerah, perguruan tinggi akademis serta organisasi masyarakat sipil.

Sebagaimana yang diamanatkan dalam undang undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional BAPPENAS perlu menyiapkan penjabaran dari visi dan misi dan program presiden kedalam strategi pembangunan nasional dalam kebijakan umum program prioritas presiden serta kerangka ekonomi makro dan arah kebijakan fiskal, penyusunan RPJMN 2020-2024 dilakukan melalui penguatan program yang didukung penganggaran yang tepat atau biasa disebut (money follows program), selanjutnya RPJMN daerah yang merupakan penjabaran daerah visi dan misi dan program kepala daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJP daerah perlu memperhatikan RPJM Nasional yang disusun ini.

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Kementrian PPN, Sekretaris utama BAPPENAS Dr. Ir. Gellwynn Daniel Hamzah Jusuf, M.Sc, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven O.E Kandouw, Gubernur dan Wakil gubernur se-Sulawesi, para pejabat madya dan pratama kementrian PPN BAPPENAS, para Bupati, perwakilan perguruan tinggi dan organisasi masyarakat, serta tamu undangan lainya. (fis)