Rabu, 11 Desember 2019

Buka lomba Fashion MF19, Walikota GSVL ingatkan kembali arti Kaeng Manado

manadomanadoterkini.com, MANADO – Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) membuka secara resmi pelaksanaan Manado Fashion Festival dalam rangka Manado Fiesta (MF) 2019, yang digelar di atrium Mantos 3, Kamis (01/08/2019) sore.

Walikota mengatakan bahwa Pemerintah Kota Manado dalam iven Manado Fashion Festival berupa lomba fashion ini tetap mengangkat ‘Kaeng Manado’ sebagai salah satu karya dari TP PKK Kota Manado.

“Mari kita mengangkat ‘Kaeng Manado’ sebagai produk unggulan dari Kota Manado, supaya lebih dikenal dan bisa bersaing dan sejajar dengan produk kain dari daerah lainnya,” ujar Walikota GSVL.

Dia pun membeberkan arti dari pola yang ada di ‘Kaeng Manado’. Dimana gambar pola yang ada di ‘kaeng Manado’ pun punya arti tersendiri. Seperti gambar terumbu karang adalah mengartikan Taman Laut Bunaken, gambar rumah ibadah mengartikan di Kota Manado ada beragam agama dan menjadi simbol toleransi, gambar kepala ikan mengartikan di Kota Manado ada ikan purba Coelacanth yang masih hidup di kedalaman 200 meter di Laut Bunaken, serta gambar lilin yang mengartikan bahwa Kota Manado merupakan ruang kehidupan bagi semua orang yang tinggal.

Diakhir sambutannya, Walikota GSVL juga mengundang warga Manado untuk bersama-sama merayakan Thanksgiving’ pada Hari Minggu (04/08/2019) sekaligus penutupan iven Manado Fiesta 2019 yang akan digelar di Lapangan Sparta Tikala Manado.

“Mari kita merayakan Pengucapan Syukur pada Hari Minggu nanti. Kita akan menutup iven Manado Fiesta ini dengan pengucapan syukur yang nantinya akan dihibur oleh artis ibu kota Iwan Fals,” ajak Walikota.

Dirinya berharap agar penyelenggaraan iven Manado Fiesta 2019 ini bisa memberikan kontribusi ekonomi dan berdampak pada naiknya transaksi ekonomi bagi usaha-usaha yang ada di Kota Manado.

Diketahui, Manado Fashion Festival akan diselenggarakan selama dua hari, 1-2 Agustus 2019. Lomba fashion yang akan digelar nanti, bakal mempertandingkan 3 kategori lomba, yakni Kategori Umum (umur 15-22 tahun), Kategori Anak (umur 6-12 tahun), dan Kategori ASN.

Hadir dalam acara pembukaan antara lain Ketua TP PKK Kota Manado Prof Ir Julyeta PA Runtuwene dan Wakil Ketua TP PKK Kota Manado Imelda Markus.(mlz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*