Sabtu, 21 September 2019

HUT Ke-74 RI: Hormati Pahlawan Olly Temui Para Veteran

manadoterkini.com, SULUT – Sebagai generasi yang menghormati pengorbanan para pahlawannya, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengunjungi para veteran.Sulut

Hal itu menurut Olly sebagai salah satu wujud penghargaan kepada para pejuang dan veteran Olly juga berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kesejahteraan sesuai dengan kemampuan daerah.

Pertemuan itu dirangkaikan dengan acara ramah tamah bersama Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sulut di Eks-Kantor DPRD Sulut, Sabtu (17/8/2019).

SulutPada kesempatan itu, Gubernur Olly mengatakan, pertemuan yang digelar pada HUT ke-74 Kemerdekaan RI ini untuk menunjukkan penghormatan kepada para perintis kemerdekaan dan keluarganya serta seluruh veteran di Sulut.

“Kita berterimakasih untuk kedatangan seluruh veteran pada pertemuan ini. Tanpa dukungan para veteran yang telah berjuang merebut kemerdekaan, kita bukanlah apa-apa,” kata Olly.sulut

Olly menuturkan, kemerdekaan yang masyarakat rasakan saat ini, merupakan kemerdekaan yang diperoleh melalui keringat, darah, dan air mata, bahkan nyawa para pahlawan serta veteran pejuang kemerdekaan. “Jangan pernah melupakan jasa-jasa para pahlawan,” ucap Olly.

Sementara itu, Ketua LVRI Sulut Kolonel (Purn) Boyke Kambey mengapresiasi bantuan pemerintah daerah yang telah merenovasi markas LVRI Sulut. Boyke juga menyampaikan terimakasih atas bantuan Gubernur Olly yang akan menyediakan kendaraan operasional untuk LVRI. “Di saat kepemimpinan Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur inilah markas LVRI dapat direnovasi,” kata Boyke.Sulut

Adapun, pertemuan itu turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen dan para pejabat Pemprov Sulut.

Sebelumnya, Tepat pukul 00:00 Wita Sabtu (17/8/2109) malam, dilakukan Apel Kehormatan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado.

Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw yang mewakili Gubernur Olly Dondokambey SE, bersama jajaran Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) Sulut tampak begitu khitmad mengikuti jalannya Apel Kehormatan Renungan Suci ini.Sulut

Kegiatan yang untuk mengenang jasa para Pahlawan dalam rangkaian memperingati HUT ke-74 Proklamasi Republik Indonesia (RI) Tahun 2019 ini dilakukan dalam beberapa tahap.

Diawali dengan Perhormatan Pada Arwa Pahlawan, dilanjutkan dengan Pembacaan Naskah Kehormatan dan Renungan Suci, Mengheningkan Cipta, Penyalahan Obor dan lampu di TMP Kairagi, pembacaan doa, Pasukan Pasang Sangkur, penghormatan pada Jasa Pahlawan, Pesukan Lepas Sangkur dan ditutup laporan komandan upacara.

Adapun sesuai Pembacaan Naskah Kehormatan dan Renungan Suci diungkapkan jumlah pahlawan yang dikebumikan di TMP Kairagi, yaitu 515 orang TNI-Polri, Sipil 35, Veteran 22 dan tak dikenal 3 orang.sulut

Kepala Dinas Sosial Daerah Pemprov Sulut Dr Rinny Tamuntuan sangat bersyukur Apel Kehormatan Renungan Suci dapat terlaksana dengan baik.

“Ini merupakan agenda tahunan, setiap menjelang peringatan HUT Proklamasi Republik Indonesia. Syukurlah semua berjalan lancar, dan terima kasih pada semua pihak yaitu jajaran TNI dan Polri yang telah mendukungnya,” ujar Dr Rinny. (Adv/Rizath)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*