Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Wabup FDW Jadi Irup HUT RI Ke-74 di Lapas Amurang

×

Wabup FDW Jadi Irup HUT RI Ke-74 di Lapas Amurang

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, AMURANG – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menjadi Inspektur Upacara (Irup) HUT RI Ke-74 di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Amurang, sekaligus memberikan penghargaan kepada ASN dan Penyerahan SK Remisi kepada Warga Binaan (Narapidana) pada Sabtu (17/8/2019).minsel

Upacara HUT RI Ke-74 Tahun 2019 di Lapas Amurang ini dikemas dengan kegiatan penyerahan Penghargaan Kepada ASN dilingkungan Rutan Amurang serta pemberian remisi bagi para Napi oleh Wabup FDW serta Peninjauan Warga Binaan.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly yang dibacakan oleh Wabup FDW mengatakan, Moment Peringatan Hari Kemerdekaan RI saat ini hendaknya dapat menjadi jembatan untuk membangun negeri dan mensejahterakan rakyat, untuk itu sebagai anak bangsa diminta terus bekerja keras mengisi kemerdekaan.

Tidak terkecuali bagi warga binaan, yang terbelenggu hanyalah fisik namun warga binaan masih bisa berkarya dan bekerja, hal itu dibuktikan dengan banyaknya karya mulai dari membangun fasilitas umum di Lapas, menghasilkan berbagai kerajinan dan lainnya dan itu juga menjadi sebuah capaian perubahan yang baik dari Lapas yang harus direspon dengan baik.

Apa yang dilakukan oleh Warga Binaan itu menurut Wabup FDW harus diapresiasi sebagai motivasi dan agar tidak terjadi degradasi moral.

Seperti pemberian remisi atau masa tahanan bagi narapidana yang berkelakuan baik selama menjalani hukuman. “Semoga dapat menjadi stimulus bagi warga binaan untuk terus berkelakuan baik jika tidak tentu hak itu tidak akan diberikan,” ujar FDW.minsel

Pada kesempatan itu juga Dia menjelaskan bahwa, sebuah terobosan yang dilaksanakan di Lembaga Permasyarakatan yakni Revitalisasi Permasyarakatan dengan pola pengamanan maksimum, medium dan minimum.

“Artinya kedepan hukuman yang dijalankan narapidana tidak hanya tergantung dari penetapan masa tahanan tapi juga prilaku warga binaan,” tukasnya.

Dihadan para petugas Lapas, FDW juga mengingatkan untuk terus menjaga Integritas dengan tidak melakukan kegiatan yang dapat merusak citra konstitusi.

Di akhir sambutan Wabup FDW memberikan ucapan selamat kepada nara pidana sambil berharap agar remisi yang diberikan dapat menjadi motivasi bagi nara pidana untuk terus berbuat baik, dan menjadi insan taat hukum, beraklak dan berbudi luhur

Upacara peringatan HUT RI ke 74 ini dihadiri oleh Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo SIK, Pabung Minsel Mayor (Inf) Jemmy Lotulong,bunsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Pemkab Minsel, jajaran pegawai serta warga binaan Lapas Amurang.(dav)