Kamis, 12 Desember 2019

Menuju Kabupaten Cerdas, Bupati Tetty Hadiri Rakernas APKASI di Bali

minselmanadoterkini.com, AMURANG-Bupati Minahasa Selatan (Minsel) yang juga menjabat sebagai Bendahara umum APKASI Christiany Eugenia Paruntu SE hadir dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) tahun 2019 yang laksanakan di Nusa Dua Convention Center II Bali, Rabu (21/8) pagi.

Rakernas dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Hadi Prabowo.
Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari ini dihadiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Ketua Dewan Pembina APKASI Mardani H Maming dan Ketua Umum APKASI H Abdullah Azwar Anas.
Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan Apkasi smart regency expo dan forum 2019 dengan tema “Menuju Kabupaten Cerdas Melalui Digitalisasi Pelayanan Publik” bertempat di Hotel Aston Denpasar Bali.
Mendagri Tjahjo Kumolo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Hadi Prabowo menegaskan Smart Regency mampu memenuhi kebutuhan di daerah dalam berinovasi meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi sehingga pelayanan publik akan efektif dan efisien.
“Dengan pemanfaatan teknologi yang maksimal yang terintegrasi dan didukung SDM yang berkualitas akan meciptakan pelayanan yang baik pula,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE yang juga Bendahara Umum APKASI yang hadir dalam Rakornas APKASI tersebut menegaskan, untuk memaksimal pemasaran produk-produk unggulan Kabupaten Minsel melalui penjualan online melalui Bukalapak serta pemanfaatan sistem digitalisasi dalam pelayanan publik.
“APKASI saat ini sudah MoU dengan CEO Bukalapak, seluruh Kabupaten di Indonesia dapat memanfaatkan penjualan Online Bukalapak begitu juga Kabupaten Minsel, saya harapkan melalui seluruh OPD Kabupaten Minsel khususnya Dinas Perdagangan agar dapat membuat terobosan melalui penjualan online melalui Bukalapak,” kata Tetty sapaan akrab bupati Minsel ini.
Dia juga menambahkan, di era digitalisasi ini melalui smart regency, Minsel khususnya Dinas Kominfo agar jangan ketinggalan dengan Kabupaten lain dalam hal teknologi, memaksimalkan jaringan integrasi yang sudah kita bangun dilingkungan OPD untuk pengelolaan bandwidth internet dan layanan aplikasi agar efektif dan efisien.
Hadir pula, Sekdakab Minsel Denny Kaawoan SE MSi, Asisten I Drs Handrie Sondakh, Kepala Dinas Kominfo Royke Mandey SH, Kepala Dinas PMD Henrie Lumapow SH, Kaban Bapelitbang Tertius Ulaan ST MT mendampingi Bupati pada kegiatan tersebut.
Kegiatan Rakornas APKASI siap mendukung program Apkasi dengan menselaraskan visi pemerintah pusat terkait pembangunan sumber daya manusia (SDM) di daerah untuk meningkatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan pelayanan publik.
“Untuk mewujudkan Kabupaten yang berkonsep smart city dalam mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dengan tujuan efisiensi, memperbaiki pelayanan publik dalam meningkatkan kesejahteran masyarakat perlu juga didukung dengan SDM yang handal,” ujar Bupati.
Dia menambahkan, ke depan Dinas Kominfo siap menjadi corong informasi bagi pemerintah daerah serta pengembangan teknologi pemerintah melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai amanat Perpres 95 Tahun 2018 tentang SPBE.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*