Kamis, 12 Desember 2019

Minsel Masih Butuh Armada Damkar

manadoterkini.com, AMURANG-Kebutuhan mobil pemadam kebakaran (Damkar) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) terkesan masih kurang.

Pasalnya, hingga kini, mobil damkar yang dimiliki Pemkab Minsel hanya dua unit. Hal tersebut pun seakan menjadi kendala penanganan kebakaran di Minsel.
“Memang harus diakui armada Damkar masih minim. Mengingat Minsel mempunyai 17 kecamatan,” kata Kasatpil PP dan Damkar Minsel Henri Palit SH.
Untuk itu, lanjut mantan Kabag Humas dan Protokol ini, Minsel idealnya harus ada tiga atau empat unit. Guna mengantisipasi kebakaran di 17 kecamatan.
“Idealnya agar semua bisa tercover setidaknya ada empat armada damkar. Walau dengan keterbatasan ini, kami tetap berusaha bekerja maksimal,” ujarnya.
Adapun untuk rencana penambahan pihaknya beberapa waktu lalu sudah mengajukan bantuan Damkar ke pusat. Namun sayangnya sampai saat ini hal tersebut belum terealisasi.
“Usulan penambahan Damkar sudah dilakukan sejak tahun lalu. Tapi kami masih menunggu realisasi. Karena kabar terakhir Minsel masuk dalam 100 yang bakal dapat bantuan pengadaan Damkar dari Kemendagri bekerja sama dengan Jepang,” ungkapnya.
Senada, disampaikan Sekretaris Satpol PP dan Damkar Minsel Mariano Kani ST MSi, Dia mengakui bahwa, minimnya armada Damkar membuat pihaknya kesulitan dalam menjalankan tupoksinya.
“Memang penambahan armada sudah sangat diperlukan. Kami sudah pernah mengajukan pengusulan, hanya saja belum bisa dipastikan kapan terealisasi,” ujarnya.
Kekurangan ini seharusnya menjadi perhatian untuk dicarikan solusi karena ini untuk kepentingan masyarakat. Pasalnya, tidak jarang keluhan masyarakat dialamatkan ke pihak Damkar akibat keterlambatan dalam penanganan kasus kebakaran.
“Ini memang sudah menjadi tantangan untuk kami. Namun jika mungkin kami berharap usulan penambahan armada dapat dikabulkan. Dengan begitu kami bisa membagi armada dan menyiagakan di kecamatan tertentu, sebagai antisipasi kasus kebakaran yang mungkin terjadi,” pungkasnya seraya mengatakan bahwa walau armada minim, namun siap memberikan yang terbaik.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*