Jum'at, 20 September 2019

Rangkaian HUT RI Ke-74 di Kota Manado

Sabtu, 17 Agustus 2019 kemarin, rakyat Indonesia merayakan 74 tahun Kemerdekaan RI. Berbagai kegiatan dilakukan Pemerintah Kota Manado di hari bersejarah tersebut. Mulai upacara bendera pemberian remizi kepada narapidana (napi) di lembaga pemasyarakatan hingga pesta rakyat.

manado

Pengibaran bendera merah putih pada HUT RI ke 74 di Lapangan Sparta Tikala, Manado

 

135 Nabi di Rutan Malendeng dapat remisi, GSVL : Jadilah insan taat Hukum

Dimulai pagi hari, Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) menyerahkan Surat Keputusan (SK) pemberian remisi kepada 139 napi warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Manado.Penyerahan SK remisi tersebut dilakukan Walikota saat memimpin upacara HUT ke-74 RI di halaman Rutan yang terletak di Kelurahan Malen-deng, Kecamatan Paaldua, yang disaksikan Kepala Rutan Priatna Kusumah, Wakil Walikota Manado Mor D Bastiaan SE, serta peserta upacara lainnya.

manado

Penyerahan remisi kepada narapidana di Rutan Malendeng, Manado pada HUT RI ke 74

Kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan yang mendapatkan remisi, khususnya yang dinyatakan bebas, Walikota GSVL mengucapkan selamat dan mengingatkan agar tetap berupaya meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan saudara dalam menjalani kembali kehidupan di tengah-tengah keluarga dan sebagai anggota masyarakat.

“Jadilah insan yang taat hukum, insan yang berakhlak dan berbudi luhur, serta insan yang mempunyai makna dan berguna dalam hidup dan kehidupan,” pesan Walikota GSVL.

Walikota GSVL irup HUT ke-74 Kemederkaan RI tingkat Kota Manado

manado

Walikota Manado GS Vicky Lumentut bertindak selaku Inspektur Upacara pada perayaan HUT RI ke 74 di Kota Manado

Usai dari lapas, Walikota GSVL menjadi inspektur upacara (irup) peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Kota Manado di Lapangan Sparta Tikala Manado. Upacara yang dimulai pukul 10.00 Wita ditandai dengan bunyi sirine bersahutan dari berbagai penjuru lapangan kebanggaan masyarakat Kota Manado, pertanda dimulainya detik-detik Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 2019.

manado

Penyerahan bendera merah putih oleh Walikota Manado GS Vicky Lumentut selaku Inspektur Upacara pada perayaan HUT RI ke 74 di Lapangan Tikala, Manado

Upacara diawali dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Pimpinan Sementara DPRD Kota Manado Dra Altje Dondokam-bey, dilanjutkan dengan pengi-baran bendera merah putih oleh kelompok Paskibra Kota Manado yang terdiri dari pasu-kan 8,17 dan 45.

manado

foto bersama Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan serta perangkat daerah di depan kantor Walikota Manado usai upacara bendera HUT RI ke 74

Hadir dalam upacara tersebut, antara lain Wakil Walikota Manado Mor D Bastiaan SE, Anggota DPRD Kota Manado, Forkopimda Kota Manado, Ketua TP PKK Kota Manado Prof Julyeta PA Runtuwene, Wakil Ketua TP PKK Kota Manado Imelda Markus SE, Sekda Micler CS Lakat SH MH, sejumlah pejabat dan ASN Pemkot Manado, TNI dan POLRI, organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan serta undangan.

 

GSVL-Mor pimpin Toast Kenegaraan HUT 74 Kemerdekaan RI

Siang harinya, Walikota GSVL didampingi Wawali Mor memimpin Toast Kenegaraan yang digelar di Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado. Kegiatan diawali dengan Walikota GSVL memperke-nalkan 6 pelajar Kota Manado yang lolos masuk Universitas Sampoerna, dilanjutkan dengan penyerahan piala kepada para pemenang lomba dalam rangka HUT ke-396 Kota Manado tahun 2019, kemudian pemasangan lilin angka 74 pertanda 74 tahun Indonesia merdeka.

manado

Walikota GSVL memipin tost kenegaraan dalam rangka HUT RI ke 74

Semua yang hadir dalam acara tersebut, tak terkecuali, mendapatkan minuman untuk toast bersama. Antara lain Anggota DPRD Kota Manado, Forkopimda Kota Manado, Ketua TP PKK Kota Manado Prof Julyeta PA Runtuwene, Wakil Ketua TP PKK Kota Manado Imelda Markus SE, Sekda Micler CS Lakat SH MH, sejumlah pejabat dan ASN Pemkot Manado, TNI dan POLRI, Veteran RI, organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan serta undangan, bahkan jurnalis.

Usai toast dilanjutkan dengan jamuan makan siang.Tak lupa Walikota GSVL mengajak kepada seluruh komponen masyarakat di Kota Manado, khususnya generasi muda agar memelihara kemerdekaan yang diberikan Tuhan melalui perjuangan para pahlawan kusuma bangsa.

manado

Suasana tost kenegaran dalam rangka HUT RI ke 74

“Dirgahayu Negeriku. Indonesia telah berusia 74 tahun, kita wujudlan SDM Unggul untuk Indonesia Maju, Merdeka! Tuhan Memberkati kita semua,” ucap Walikota GSVL, didampingi Wakil Walikota Manado Mor D Bastiaan SE dan Forkopimda Kota Manado.

Wawali Mor Irup Penurunan Bendera HUT RI ke 74

Setelah sukses melaksanakan Upacara Detik-Detik Proklamasi pada pagi hari, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado kembali menggelar Upacara Penurunan Bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 pada Sabtu (17/8) petang di Lapangan Sparta Tikala Manado. Tepat pukul 17.30 WITA Wakil Walikota Manado, Mor D. Bastiaan, SE mengambil tempat selaku Inspektur Upacara.

manado

Paskibra Kota Manado menyerahkan benderah kepada Wawali Mor Bastiaan untuk disimpan setelah dikibarkan

Di awali dengan parade lagu – lagu Nasional upacara dilanjutkan dengan penurunan Bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra).

Ibadah syukur dan pesta rakyat di Bunaken

Malam harinya, Pemkot Manado menggelar ibadah syukur yang dilanjutkan dengan pesta rakyat dalam rangka mensyukuri dan meramaikan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Kegiatan ini digelar di Kecamatan Bunaken.

manado

Suasana pesta rakyat dalam ranka HUT RI

Walikota GSVL mengatakan, momen perayaan HUT ke-74 RI merupakan hal wajib untuk dilaksanakan. Pasalnya, dengan perayaan tersebut akan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa serta kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

manado

Pesta kembang api warnai pesta rakyat

“Momentum perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun 2019 ini sangat penting dan wajib untuk dilaksanakan. Karena, dengan perayaan seperti ini akan menggugah rasa nasionalis kita untuk lebih mencintai dan bangga dengan Negara ini. Kita juga berterima kasih kepada para pahlawan bangsa yang telah berkorban untuk kemerdekaan negeri ini,” ujar Walikota GSVL.(LIPSUS)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*