Kamis, 19 September 2019

Bagun SDM Komitmen Walikota GSVL Wujudkan Manado Cerdas

Visi Manado Kota Cerdas sudah menjadi komitmen Walikota GS Vicky Lumentut (GSVL). Tidak heran, Walikota dua periode tersebut terus berupaya menciptakan generasi yang handal dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

 manado

 

Walikota GSVL Tandatangani MoU dengan Yayasan Putera Sampoerna

manado

Beberapa hari lalu, Walikota GSVL mengunjungi Pusat Belajar Guru (PBG) di Kudus Jawa Tengah milik Yayasan Putera Sampoerna (YPS) untuk melakukan studi komparasi.

Tak lama berselang, tepatnya Jumat (30/8/2019), Walikota GSVL menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama YPS untuk pendampingan pembentukan PBS di Kota Manado.

manado

Walikota GSVL berujar, kehadiran PBG nanti di Kota Manado sejatinya mengembangkan institusi pendidikan, untuk seluruh guru dimulai dari TK/PAUD, sekolah-sekolah pendidikan dasar maupun menengah yang ada disekitar wilayah Manado.

“PBG ini memiliki sarana dan prasarana belajar, dan sekaligus sebagai pusat pengembangan kualitas guru. Di dalamnya, akan dibentuk sebuah sistem pengembangan dan pembinaan guru yang terstruktur dan berkesinambungan, untuk memastikan bahwa tujuan utama peningkatan kualitas sekolah di Manado berjalan seiring dengan peningkatan kapasitas dan profesionalisme guru,” ujarnya usai MoU di Gedung Sampoerna Strategic Square, Tower Utara Lantai 31 Jln Jendral Sudirman, Jakarta.

GSVL : PBG Institusi Penyedia Akses Pembinaan Profesionalisme Guru

manado

Walikota GSVL menjelaskan, PBG adalah sebuah institusi penyedia akses pembinaan profesionalisme guru yang berkesinambungan, sistematis, dan terstruktur. PBG merupakan wadah pembelajaran guru yang mandiri, pendampingan, diskusi dan pertukaran informasi antar komunitas guru yang disupervisi oleh Pemerintah Kota Manado melalu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Manado.

Walikota dalam penandatanganan MoU tersebut didampingi Kadis Dikbud Kota Manado Drs Daglan Walangitan MPd dan Kabag Pemerintahan dan Humas Drs Sonny Takumansang MSi.(

 

 

Tingkatkan SDM guru di Manado, Walikota GSVL tak gengsi belajar hingga Kudus

Komitmen Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) untuk terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang handal, cerdas dan berkualitas di Kota Manado terus dibuktikannya.

manado

Walikota GSVL tak gengsi untuk belajar hingga luar daerah sebagai bagian dari visi Manado Kota Cerdas 2021. Dan kli ini, Walikota GSVL bersama Putera Sampoerna Foundation melakukan study komparasi di Pusat Belajar Guru (PBG) yang ada di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (27/8/2019).

Walikota GSVL bersama rombongan yang diterima Bupati Kudus HM Hartopo, langsung mengunjungi dan berdiskusi bersama Pengelola PBG yang tepatnya berlokasi di Kelurahan Mlati Norowito, yang dirancang sebagai pusat pengembangan guru untuk meningkatkan kualitas para pendidik.

Adanya PBG Kudus adalah buah dari kerja sama Djarum Foundation yang juga melibatkan Putera Sampoerna Foundation, selaku perancang dan pelaksana program.

Walikota GSVL menegaskan ini merupakan kesempatan yang baik bisa melihat dari dekat kegiatan PBG di Kudus, dimana PBG begitu bermanfaat bagi berbagai pihak.

manado

“Ini memudakan kita untuk mengontrol kualitas pendidikan dan latihan guru selain itu program dapat didesain sesuai kebutuhan guru,” ujar Walikota GSVL.

Dikatakannya,dari diskusi bersama pihak pengelola, baik itu Guru Inti PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, PBG ini telah bekerjasama dengan Putera Sampoerna sudah berjalan 3 tahun dan saat ini tahap persiapan untuk dilepas oleh Yayasan dan dikelola langsung oleh PBG Kudus. Lebih dari 1000 guru sudah dilatih dengan kualitas pendidikan makin baik di Kudus.

“Manfaat bagi siswa, diajar guru yang memiliki pengetahuan memadai, terampil dan bersikap terpuji, selain itu, hasil belajar murid menjadi meningkat,” ujar Walikota GSVL yang saat itu didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado Drs Daglan Walangitan MPd.

 

Bupati Kudus : PBG Organisasi Non Pemerintah, Pangawasan Dikpora

manado

Adapun Bupati Kudus HM Hartopo menjelaskan, walaupun PBG merupakan organisasi non-pemerintah, tetapi pengelolaan tetap di bawah pengawasan kantor Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus.

“PBG menyediakan akses bagi guru yang ingin mengembangkan kompetensinya dan menjadi bagian dari sistem pembinaan profesionalisme guru di Kabupaten Kudus,” ujarnya.(Lipsus/aldi)

 

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*