Senin, 18 November 2019

Edwin Silangen Apresiasi KPK

manadomanadoterkini.com, SULUT – Sekretaris Daerah Provinsi ((Sekdaprov) Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen memberikan apresiasi kepada KPK karena telah menggelar workshop peningkatan kapasitas Aparat Pemeriksa Intern Pemerintah (APIP) se-Provinsi Sulut.

Menurut Silangen dengan adanya workshop, dapat semakin meningkatkan kemampuan APIP di Provinsi dan seluruh kabupaten/kota se-Sulut serta senantiasa kompeten, memiliki independensi dan keberanian dalam membawa kebenaran, atau profesional dan mandiri dalam mengambil sikap.

“Workshop ini mampu meningkatkan kualitas kompetensi ASN yang ditugaskan sebagai APIP di provinsi dan 15 kabupaten/kota,” ungkap Silangen.

Lebih jauh Silangen kembali mengingatkan jajaran pemerintah kabupaten/kota soal ketentuan bagi pemerintah daerah untuk mengalokasikan sedikitnya 1 persen dari APBD untuk APIP.

Anggaran itu guna memperkuat pengawasan dan meningkatkan kompetensi APIP, tegas Silangen.

“Kita akan mengevaluasi kabupaten kota yang belum memenuhi anggaran 1 persen untuk APIP. Hal ini sebenarnya sudah pernah disampaikan sebelumnya,” tutur Silangen di Ruang WOC Kantor Gubernur, Senin (9/9/2019).

Sebelumnya, Koordinator Wilayah IX KPK Budi Waluya mengatakan perlunya peningkatan kapasitas dan kapabilitas APIP untuk menjamin terlaksananya pengendalian intern yang efektif.

Menurutnya, APIP dapat memberikan penilaian independen dan objektif atas efektivitas operasi dari proses tata kelola organisasi. (*/Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*