Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Gerak Cepat, Olly Dondokambey Kucurkan Anggaran Cegah Karhutla

×

Gerak Cepat, Olly Dondokambey Kucurkan Anggaran Cegah Karhutla

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey langsung gerak cepat dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sulut.

Olly pun langsung menggelar rapat penanganan karhutla bersama jajaran Forkopimda di Ruang C.J. Rantung Kantor Gubernur, Senin (16/9/2019).

Menurut Olly kebakaran ini timbul karena cuaca panas sehingga gampang terbakar. Oleh karena itu perlu dimaksimalkan satgas diberbagai instansi.

“Misalnya di provinsi nanti kami akan bentuk tim satgas Polda dan Kodam. Juga di kabupaten/kota juga bikin satgas dengan Polres dan Dandim. Nah supaya satgas ini juga bisa menggunakan dana yang sudah kita canangkan satu bulan ini untuk penanganan karhutla, jadi bersama sama kita sharing, tim yang ada di kabupaten/kota kita sharing dari provinsi,” sambung Olly.

Dalam rapat, nampak hadir Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Kapolda Sulut Irjen (Pol) Remigius Sigid Tri Hardjanto, Sekdaprov Edwin Silangen serta para bupati dan walikota.

Pada kesempatan itu, Olly menerangkan bencana Karhutla yang terjadi selang bulan Agustus – September 2019 di Kabupaten Bolaang Mongondow (kurang lebih 653 hektar), Bolaang Mongondow Utara (kurang lebih 198 hektar), Minahasa Tenggara (kurang lebih 106,21 hektar) dan daerah lainnya di Sulut harus segera ditangani oleh semua pihak termasuk pemerintah kabupaten/kota.

“Hal-hal seperti ini saya kira perlu ada dukungan penuh dari pemprov dan seluruh kabupaten/kota karena kalau tidak ada dukungan kepada tim penanganan kebakaran ini saya kira tidak mungkin bisa jalan penuh,” kata Olly.

Hal ini juga menurut Olly sebagai arahan dari Presiden Joko Widodo yang diterimanya saat mengikuti Rakornas Pengendalian Karhutla di Istana Negara pada bulan Agustus 2019 lalu dan langsung diterapkannya.
Sebagai informasi, ada tiga strategi pengendalian Karhutla yakni : pencegahan, pemadaman dan penanganan pasca kebakaran. (*/Rizath)