Senin, 18 November 2019

DPRD Minsel Umumkan Fraksi dan Calon Pimpinan Definitif Periode 2019-2024

minselmanadoterkini.com, AMURANG-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) pada Rabu (18/9) mengelar rapat paripurna. Rapat tersebut menyampaikan pengumuman penetapan fraksi-fraksi dan calon definitif pimpinan DPRD Minsel periode 2019-2024.

Ketua Sementara DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE mengatakan, berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 12/2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kebupaten dan Kota, dalam pasal 120 disebutkan bahwa fraksi DPRD dibentuk paling lama satu bulan setelah pelantikan anggota DPRD.

“Fraksi dibentuk untuk mengoptimalkan pelaksanaan fungsi tugas dan wewenang serta hak dan kewajiban DPRD,” ujarnya.

Berdasarkan Keputusan Pimpinan Sementara DPRD tentang Pembentukan Fraksi-Fraksi DPRD Minsel tertulis ada 5 fraksi. Diantaranya fraksi Partai Golkar, PDI Perjuangan, NasDem, Demokrat dan Pemnas yang terdiri dari Perindo dan PAN.

Tumbuan menambahkan, dalam waktu dekat DPRD dihadapkan pada agenda-agenda penting antara lain pembahasan rancangan APBD tahun anggaran 2020. Sebagaimana diketahui, alat kelengkapan DPRD seperti Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), dan komisi tidak bisa dibentuk sebelum adanya pimpinan definitif. Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 23/2014 Tentang Pemerintahan Daerah dalam Pasal 164 disebutkan bahwa DPRD Kabupaten/Kota yang beranggotakan 20 sampai dengan 44 orang, pimpinan DPRD terdiri dari 1 orang ketua dan 2 orang wakil ketua.

Sesuai dengan Berita Acara KPU Minsel tentang penetapan hasil Pemilu, peroleh kursi partai politik peserta pemilu, dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Minsel Pemilu Tahun 2019, peringkat kesatu perolehan kursi partai politik peserta Pemilu Tahun 2019 di DPRD Minsel adalah Partai Golkar. Peringkat kedua adalah PDI-P. Peringkat ketiga adalah Partai Nasdem.

Tumbuan juga menjelaskan, berdasarkan ajuan yang dituangkan dalam Keputusan DPC atau DPD partai politik masing-masing. Diantaranya DPC Partai Golkar mengajukan nama Jenny Johana Tumbuan SE, DPC PDI-P mengajukan nama Steven Lumowa dan DPD Partai Nasdem mengajukan nama Paulman Runtuwene.

“Keputusan ini akan segera disampaikan kepada Gubernur Sulut melalui Bupati Minsel untuk mendapatkan peresmian,” katanya.(dav)

Berikut Lima Fraksi yang Terbentuk :

Ketua fraksi Golkar : Jenny Tumbuan
Sekretaris : Robby Sangkoy
Bendahara : Olviane Timbuleng
Anggota :
Tommy Poli
Jhen Lamia
Benny Marentek
Jones Kaseger
Ridel Marentek
Meydi Singal
Julian Mandey

Ketua fraksi PDIP : Meify Karuh
Wakil ketua : Steven Lumowa
Wakil ketua : Rommy Pondaag
Sekretaris : Jhonly Ombeng
Wakil Sekretaris : Elsye Sumual
Bendahara : Frangky Lengkey
Anggota :
Jerry Pangkey
Verke Pomantouw
Frangky Lelengboto
Maritje Lolowang

Ketua fraksi Nasdem : Michael Sengkey
Wakil ketua : Paulman Runtuwene
Sekretaris : Alex Kumaat
Bendahara : Lady Langie

Ketua fraksi Demokrat : Royke Kaloh
Wakil : Andries Rumondor
Sekretaris : Wulan Wungouw

Ketua Fraksi Pemnas : Jacklin Koloay
Wakil : Orwin Tengor
Sekretaris : Abdul Saman Katili.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*