Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

ROR : Pelestarian Danau Tondano Tanggung Jawab Bersama

×

ROR : Pelestarian Danau Tondano Tanggung Jawab Bersama

Sebarkan artikel ini

tondanomanadoterkini.com, TONDANO – Pengendalian gulma enceng gondok di Danau Tondano sudah menjadi permasalahan klasik sejak beberapa tahun terakhir. Berbagai cara telah dilakukan untuk mengendalikan tumbuhan tersebut namun sampai saat ini belum membuahkan hasil yang maksimal.

Pergunjingan merebak dikalangan masyarakat terkait siapa yang bertanggung jawab atas pelestarian Danau Tondano. “Sejak era Bupati Drs Stevanus Vreeke Runtu sampai sekarang Kabupaten Minahasa dipimpin Royke Oktavian Roring dan Robby Dondokambey (ROR-RD), masalah enceng gondok di Danau Tondano belum juga selesai,” ungkap masyarakat yang akrab disapa Hence tersebut.

Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) angkat bicara terkait pelestarian Danau Tondano. Kepada sejumlah wartawan dirinya mengatakan bahwa saat ini Danau Tondano masuk dalam kawasan strategis nasional. Berkaitan dengan status tersebut, Danau Tondano telah menjadi perhatian pemerintah pusat.

“Danau Tondano adalah tanggung jawab pemerintah pusat. Juga tanggung jawab pemerintah provinsi. Namun bukan dalam arti Kabupaten Minahasa lepas tanggung jawab. Tentunya kita akan terus mengupayakan yang terbaik untuk pelestsrian Danau Tondano yang letaknya ada di Kabupaten Minahasa,” ujar Bupati.

Lanjutnya, peran aktif dari seantero Masyarakat Minahasa juga sangat penting demi pelestarian Danau Tondano. Dikatakanya, pemasalahan yang ada di Danau Tondano bukan saja soal enceng gondok. Tetapi juga terkait pendangkalan dan penyempitan.

“Memang ada waktu-waktu tertentu masyarakat Minahasa melakukan kerja bakti di Danau Tondano. Tapi tak kalah penting jika kita semakin peduli dengan pelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena bisa saja sampah yang kita buang di sungai dan di selokan sekitaran danau, akan menuju ke Danau Tondano yang berdampak pada pendangkalan,” jelasnya.

Untuk itu dirinya berharap supaya masyarakat mendukung penuh program pemerintah mulai dari pusat sampai daerah. Karena menurutnya, sinergitas pemerintah disetiap jenjang sangat berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Mari saya ajak masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah mendukung program pemerintah. Lebih khusus mendukung visi dan misi ROR-RD membangun Kabupaten Minahasa,” pugkasnya. (fis)