Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanMinahasa

Pulutan, Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

×

Pulutan, Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Sebarkan artikel ini

tondanomanadoterkini.com, TONDANO – Desa Pulutan Kecamatan Remboken – Minahasa diresmikan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada Selasa, (8/10) tadi.

Dalam momentum tersebut, Depdirwil BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Toto Suharto mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. “Desa Pulutan dipilih karena sudah mengenal dan menyadari pentingnya BPJS Ketenagakerjaan. Pelaksanaan di Kabupaten Minahasa didukung penuh oleh pemerintah setempat. Untuk itu kami mengapresiasi Pemkab Minahasa sehingga acara ini boleh terselenggara dengan baik dan kiranya kedepan akan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Masih dalam momentum tersebut, Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Ilyas Lubis mengungkapkan rasa senangnya bisa hadir bertemu bersama Bupati dan warga Minahasa yang ada untuk memperkenalkan BPJS Ketenagakerjaan. “Kita semua perlu menyiapkan diri untuk hari tua dan sebagai jaminan dalam kita bekerja. Semua harus ditangani sistem jaminan sosial,” ungkapnya.

Karena itu dirinya mengajak untuk mengikuti program negara tersebut supaya kesejahteraan peserta terjamin oleh BPJS Ketenagakerjaan. Seperti kecelakaan pekerja; untuk biaya rumah sakit di tanggung BPJS.

“Ini merupakan jaring pengaman. Negara sudah memakai jaring, untuk para pekerja seni kita untuk melindungi diri dan keluarga kita karena ini dijamin oleh negara. Desa Pulutan merupakan desa yang sadar, para pekerja disini sudah diikutkan, sehingga warga Desa Pulutan sudah memiliki jaminan. Desa pulutan merupakan simbolis desa yang sadar, mudah-mudahan desa-desa lainnya juga mengikuti,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) mengungkapkan rasa salut kepada Hukum Tua dan perangkat Desa Pulutan sebagai satu desa yang sadar jaminan sosial.

“Menjadi apresiasi kami dan kebanggaan kami Pemkab Minahasa ketika Desa Pulutan menyadari betapa pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan. Dan ini yang membanggakan kami sehingga kami boleh hadir dalam acara ini,” ujar Bupati.

Lanjutnya, karena pentingnya jaminan sosial, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) menanggung tokoh-tokoh agama lewat BPJS Ketenagakerjaan dan bahkan seluruh perangkat desa di tambah dengan THL termasuk petugas kesehatan.

Hal tersebut merupakan bukti bahwa pemerintah hadir bersama BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi rakyat. Untuk itu lewat kegiatan seperti ini akan meningkatkan kepesertaan baik dari sisi petani, nelayan, dan pengrajin. Sebagaimana Perda mengharuskan seluruh perusahaan mengadakan jaminan ketenagakerjaan bagi pekerjanya. “Apreasi kami kepada rakyat Desa Pulutan dan BPJS Ketenagakerjaan atas kerjasamanya,” jelasnya.

ROR juga menyampaikan bahwa peserta BPJS Ketenagakerjaan di Minahasa berjumlah 7208 pekerja. Yang mana aparat desa 3534 orang, THL 3296 dan perusahaan 578. Dan desa sadar BPJS Ketenagakerjaan di Minahasa sudah ada 7 Desa. Masing-masing di Kanonang ada lima desa, Koka Karat, dan Desa Pulutan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati dan Dirkep BPJS Ketenagakerjaan, Peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan oleh Bupati Minahasa, Dirkep, Depdirwil, Depdirbid, Kadisnaker Sulut, dan Kakacab BPJS Ketenagakerjaan. Dilanjutkan dengan peninjauan dan pembuatan kerajinan gerabah Desa Pulutan.

Rangkaian acara terus berlanjut dengan penyerahan simbolis MoU Desa Sadar, Sertifikat dan Kartu Kepesertaan kepada Badan Usaha Milik Desa. Dilanjutkan dengan penyerahan simbolis santunan JKM oleh Dirkep dan Bupati Minahasa, penandatanganan MoU 5000 Pekerja rentan yang di tandatangani Bupati Minahasa dan Kakacab, penyerahan Mockup GN Lingkaran Kepesertaan 5000 pekerja rentan, pertukaran plakat antara Pemkab Minahasa dengan BPJS  Ketenagakerjaan dan penyerahan cinderamata dari pemerintah Desa Pulutan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Selain Bupati, acara tersebut dihadiri oleh para pejabat BPJS Ketenagakerjaan antaranya Direktur Kepesertaan E. Ilyas Lubis, Depdir KPS Achmad Hafiz, Depdirwil Sulawesi Maluku Toto Suharto, Asisten Deputi Kepesertaan wilayah Sulama Zulkarnain Mahading, Kadisnakertrans Provinsi Sulut Ir Erny Tumundo MSi, Jajaran Pemkab Minahasa, Kadisnaker Minahasa Arody Tangkere, Kadis PMD Minahasa Djefry Sajow, Camat Remboken Joris Tumilantouw, serta lara Hukum Tua. (fis)