Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

ROR Hadiri Pembukaan 5th Asian Christian Life-Giving Agriculture Conferece

×

ROR Hadiri Pembukaan 5th Asian Christian Life-Giving Agriculture Conferece

Sebarkan artikel ini

rormanadoterkini.com, TONDANO – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR) dan Ketua TP-PKK Minahasa Dra Fenny Ch M Roring Lumanauw SIP menghadiri ibadah pembukaan ‘5th Asian Christian Life-Giving Agriculture Conferece 2019’, Kamis (10/10) tadi di GMIM Sentrum Tondano.

Dalam ibadah yang dipimpin Ketua BPMS GMIM Pdt DR Hein Arina MTh, Bupati ROR mengatakan bahwa ‘Life Giving Agriculture (LGA)’ adalah filosofi hidup yang didasarkan pada kehidupan teologi yang merupakan proses peningkatan kehidupan yang didasarkan pada iman dan dibina dalam budaya berbagi, saling memperhatikan dan kasih.

LGA beragam namun holistik, partisipatif, non-eksploitatif dan membangun kesetaraan gender, rasa hormat, martabat dan keadilan. “Dalam beberapa tahun terakhir banyak orang khawatir tentang masa depan kehidupan manusia. Kita tidak tahu seberapa besar dampak perubahan iklim oleh pemanasan global akan mempengaruhi kehidupan manusia. Tentu saja itu akan memiliki efek luar biasa bagi dunia pertanian,” ujar Bupati.

Lanjutnya, berdasarkan fakta ini, bagaimana dan apa yang akan dilakukan sebagai orang kristen. Terutama para petani kristen dan gereja pedesaan harus memperhatikan bahwa LGA sangat penting bagi kehidupan dimasa depan. Apalagi Konferensi LGA Asia 2019 dilaksanakan di Tondano, ibukota Kabupaten Minahasa, Lrovinsi Sulut, Indonesia.

“Tondano menawarkan berbagai pemandangan yang memikat, dari tempat pegunungan yang indah hingga situs wisata tepi danau. Minahasa adalah Kabupaten tertua di Sulut. Mayoritas penduduknya beragama kristen. Minahasa juga adalah rumah bagi perkebunan cengkeh terbesar di Indonesia,” jelasnya.

Selaku pemerintah dan masyarakat kabupaten Minahasa, ROR mengungkapkan rasa bangga karena dipercayakan menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan LGA. Dimana kegiatan ini akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi penting untuk dijadikan rujukan dan pedoman pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

Hal ini seiring dengan visi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa yaitu Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat adil dan sejahtera. Untuk itu pihaknya berkomitmen mewujudkan kemandirian ekonomi dengan mendorong sektor pertanian, perikanan dan pariwisata serta mewujudkan pengembangan kewilayahan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.

“Dipercayakannya Kabupaten Minahasa sebagai tuan rumah pelaksanaan konsultasi teologi ini akan memberi nilai tambah dalam pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Minahasa untuk pencapaian visi dan misi Kabupaten Minahasa,” pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden LGA Asia Rev. Han Kyeong Ho, mewakili Gubernur Sulut Kadis Pertanian Sulut Ir. Novly Wowiling MSi, mewakili Pangdam XIII Merdeka Letkol J H Maramis, mewakili Kapolda Sulut Kapolres Tomohon AKBP Raswin B Sirait SIK SH MSi, mewakili Kajati Sulut Plh Kejari Minahasa Fien Ering SH MH, mewakili Danlantamal VIII Manado Letkol Renol Sandewa, mewakili Kakanwil Kemenag provinsi sulut Sonya Mongkau SE, mewakili Bupati Minut Drs Rivino Dondokambey, mewakili Walikota tomohon Asisten Pemerintahan dan pembangunan Ir. Djoike Karouw MSi, mewakili Uskup Pastor Troyani Rishard kalengkongan Pr, mewakili rektor Institut Agama Kristen Negeri Manado DR Heldi Rogahang MTh, Mewakili rektor Unima pr III DR Siska Kairupan, para peserta dari 8 Negara (Korea, Filipin, Thailand, Srilanka, Malaysia, India, Pakistan, Indonesia). (fis)