Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususPemerintahan

Hebat, Olly Dondokambey Terpilih Ketua PGI

×

Hebat, Olly Dondokambey Terpilih Ketua PGI

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com,  SULUT – Olly Dondokambey terpilih sebagai Ketua Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mewakili Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) dari unsur non pendeta.

SulutDitengah kesibukannya sebagai Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey tak pernah meninggalkan pelayanan. Kesungguhannya itu membuat Olly kembali dipercayakan sebuah jabatan strategis di organisasi tersebut.

Sebelumnya, Olly Dondokambey sendiri adalah Ketua Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (FK PKB PGI), kini Olly juga didaulat sebagai Ketua PGI.

OllyPemilihan itu digelar saat sidang raya PGI di GKS Payeti cabang Praiwora, Waingapu, NTT, Selasa (12/11/2019).

Sementara itu, Pdt. Gomar Gultom dari Sinode HKBP dan Pdt, Jacky Manuputty dari Sinode GPM terpilih menjadi Ketua Umum dan Sekretaris Umum PGI periode 2019-2024.

Sidang panitia nominasi dipimpin oleh Pdt. Musa Salusu dari Sinode Gereja Toraja. Proses pemilihan diawali dengan pengecekan daftar kehadiran peserta dalam kelompok tersebut. Ada 89 perwakilan sinode yang hadir. Wakil Sekretaris Umum terpilih Pdt. Krise A. Gosal dari Sinode GMIM.

SulutSebelumnya sejumlah nama yang masuk sebagai calon Wasekum, antara lain Pdt. Dr. Retnowati, Pdt. Retno Ratih, Pdt. Agus RT. Damanik dan Pdt. Manuel E. Raintung. Sedangkan untuk posisi Bendahara dijabat oleh Pdt. Dr. Jacub Sutisna.

Sementara untuk posisi Wakil Bendahara Drs. Arie Moningka dari Sinode GKII. Sejumlah nama untuk posisi Wakil Bendahara antara lain, dr. Alphinus R. Kambodji, Vera Simorangkir , SE, Pdt. Adrie O. Massie dan Pdt. Norita Yudieth Tompah.

SulutHasil MPH PGI ini nantinya akan dilaporkan kepada sidang pleno SRXVII PGI untuk disahkan menjadi keputusan sidang raya.

Sebagai informasi, SR XVII PGI mengusung tema Aku Adalah yang Awal dan yang Akhir (bdk. Wahyu 22:12-13) dan sub tema Bersama Seluruh Warga Bangsa, Gereja Memperkokoh NKRI yang Demokratis, Adil dan Sejahtera bagi Semua Ciptaan Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

SulutTata Dasar PGI menyebutkan, SR adalah Iembaga tertinggi dalam pengambilan keputusan terakhir. Sedangkan tugas SR adalah, pertama, membahas dan memperdalam hidup gerejawi dalam persekutuan, kebaktian, kesaksian, dan pelayanan, dengan bersama-sama menelaah firman Allah.

Tugas kedua adalah membahas keadaan dan tanggung jawab bersama gereja-gereja di Indonesia. Tugas ketiga adalah menetapkan dokumen-dokumen keesaan gereja.

SulutTugas keempat, menilai dan menerima pertanggungjawaban MPH-PGI. Dan tugas kelima adalah memilih dan atau menetapkan anggota-anggota dari MPL-PGI, MPH-PGI, Badan Pengawas Perbendaharaan PGI, dan Majelis Pertimbangan PGI.

Berikut Pengurus Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja Gereja Indonesia (MPH PGI) Periode 2019 – 2024

IMG-20191113-WA0005Ketua umum : Pdt Gomar Gultom,MTh (HKBP)
Ketua 1 : Bpk. Olly Dondokambey, SE (GMIM)
Ketua 2 : Pdt. Dr. Bambang Wijayanto ( GKPB)
Ketua 3 : Pdt.Dr. Lintje Pellu, STh (GMIT)
Ketua 4 : Pdt. Alfret Samani, STh,M.Si (GKS)
Sekum : Pdt. Jacky Manuputty MTh (GPM)
Wasekum : Pdt. Krise Gosal, STh (GMIM)
Bendahara : Pdt. Dr. Yakub Sutisna (GBIS)
Wabendum : Pdt. Ari Moningka, STh (GKII)

(Rizath/Adv)