Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Silangen Dukung Rencana Pembangunan Jalur Kereta Api Manado-Bitung

×

Silangen Dukung Rencana Pembangunan Jalur Kereta Api Manado-Bitung

Sebarkan artikel ini

Sulutmanadoterkini.com, SULUT – Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen menegaskan bahwa pihaknya akan terus mendukung rencana pemerintah pusat membangun infrastruktur jalur kereta api di Sulut.

Penegasan itu disampaikan Silangen pada acara Focus Group Discussion (FGD) persiapan kegiatan pengadaan tanah untuk pembangunan jalur kereta api Manado-Bitung yang digelar di GKIC Manado, Kamis (21/11/2019).

“Transportasi massal ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat Sulut. Pembangunan jalur kereta api ini merupakan komitmen Presiden Joko Widodo melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika beberapa waktu lalu mengunjungi Sulut,” kata Silangen.

Lanjut Silangen, pemerintah pusat bahkan telah menetapkan Sulut sebagai salah satu lokasi super prioritas pembangunan pariwisata serta telah merancang proyek-proyek strategis di Sulut termasuk pembangunan jalur kereta api Manado-Bitung.

“Sulut ditetapkan pemerintah pusat sebagai daerah super prioritas pembangunan pariwisata di Indonesia. Karenanya berbagai infrastruktur akan dibangun di Sulut.”.

“Untuk itu kami mengapresiasi pemerintah pusat karena merealisasikan pembangunan jalur kereta api Manado-Bitung ini,” tegas Silangen.

Karena itu, Silangen menegaskan pentingnya FGD sebagai langkah awal menyamakan persepsi seluruh stakeholder pembangunan di Sulut terkait dengan lokasi pembangunan jalur kereta api yang nantinya akan diterbitkan ijin lokasinya oleh Gubernur Sulut melalui Surat Keputusan Penetapan Lokasi Pembangunan, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

“Acara FGD ini sangat strategis karena terkait pengadaan tanah untuk jalur kereta api Manado-Bitung. Kita memerlukan komunikasi yang lancar, cepat dan kerjasama yang baik dalam membangun jalur kereta api ini supaya tidak menemui hambatan di kemudian hari,” imbuh Silangen.

Adapun tujuan kegiatan FGD ini adalah dalam rangka mempersiapkan dokumen untuk pengadaan tanah pembangunan jalur Manado-Bitung, dan pembangunan fisik penyediaan sarana dan prasarana transportasi perkeretaapian.

Dalam FGD nampak hadir Kepala Dinas Perhubungan Sulut Lynda Watania, Kepala Bagian Perencanaan Sekretariat Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Sigit Widodo dan seluruh peserta FGD. (*/Rizath)