Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

Hadiri Rakor Evaluasi Dalam Rangka Optimalisasi PAD, RD Ugkapkan Hal Ini

×

Hadiri Rakor Evaluasi Dalam Rangka Optimalisasi PAD, RD Ugkapkan Hal Ini

Sebarkan artikel ini

Manadomanadoterkini.com, TONDANO – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MM (RD) hadir dalam rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dilangsungkan di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa pada Jumat, (29/11) siang tadi.

Pada kesempatan tersebut RD menyampaikan bahwa Rakor dilaksanakan Pemkab Minahasa sebagai salah satu upaya membantu aparatur guna memahami arti dan makna dari pada realisasi penerimaan asli daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. “Peningkatan PAD merupakan salah satu penunjang program prioritas pembangunan Kabupaten Minahasa. Diharapkan rapat ini dapat memberikan gambaran kepada kita sejauh mana upaya kita di dalam penerimaan dari sektor PAD,” ujar RD.

Lanjutnya, PAD tidak hanya sebagai salah satu penentu keberhasilan pemerintah untuk mencapai visi dan misi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang menjadi tanggung jawab, tetapi juga berfungsi sebagai alat alokasi, distribusi dan stabilisasi.

“Sebagai alat alokasi pendapatan daerah berperan penyediaan sumber ekonomi yang dibutukan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sistem perpajakan yang dibebankan kepada masyarakat, dimana pemanfaatannya nanti harus dilakukan secara proporsional dan efisien sesuai kebijakan daerah,” jelasnya.

RD juga menyampaikan apresiasi, ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para kepala organisasi perangkat daerah pengelola PAD dan juga para Camat yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh demi terealisasinya penerimaan PAD. “Dan hal ini merupakan salah satu Barometer di dalam penilaian kinerja saudara-saudara,” ungkapnya.

Untuk menciptakan sistem pengelolaan pendapatan daerah yang efektif, efisien, transparansi dan akuntabilitas, maka diperlukan aparatur pengelola yang terampil dan handal yang mampu menjawab tantangan sistem menejemen pendapatan daerah,. Serta dapat mengoptimalkan segenap kemampuan dalam pengelolaan potensi potensi pendapatan daerah yang ada demi peningkatan dan pelayanan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Kesempatan ini pula diucapkan terima kasih kepada para Camat dimana data yang ada pada badan pengelola pajak dan retribusi daerah Kabupaten Minahasa penerimaan pada sektor PBB-P2 terjadi peningkatan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan tahun yang lalu,” pungkasnya. (fis)