Kaban Liny Pimpin Laporan Akhir Penyusunan DED

manadomanadoterkini.com, MANADO – Kepala Badan Perencanaan, Penelitian Pembangunan Daerah (Bepelitbangda), Dr Liny Tambajong ST MSi, mempimpin langsung pembahasan laporan akhir penyusunan Detail Enginering Design (DED) instalasi pengolahan lumpur tinja di Kota Manado, di Swiss-Bell Hotel Manado, Jumat (29/11/2019).

Dalam sambutannya, Kaban Liny mengingatkan pembahasan saat ini telah memasuki laporan akhir, dan IPLT ini sangat penting sebagai syarat utama infrastruktur penunjang Kota Manado.

“Saat ini tingkat BABS Kota Manado masih cukup tinggi, dimana ditemukan masih ada masyarakat yang membuang limbah tinja ke sungai. Untuk itu IPLT ini menjadi sangat penting bagi Kota Manado,” ujar Tambajong.

Sementera itu Dr. Harianto Pusponegoro sebagai narasumber dari pihak konsultan CV. Jiovanno Jaya Konsultan, dalam pemaparannya bahwa saat ini masih banyak masyarakat yang melakukan BABS di Kota Manado, karena tidak adanya pengawasan.

“Mengenai teknis pekerjaan IPLT yang rencananya akan dibangun dalam 3 (tiga) tahap pekerjaan. Dr. Harianto Pusponegoro juga menyarankan kepada pemerintah Kota Manado untuk membuat UPTD yang secara khusus mengelola operasional IPLT tersebut,” tandasnya.

Diharapkan dengan dibangunnya IPLT yang rencananya akan dibangun di Kecamatan Mapanget Kelurahan Buha tersebut, dapat menjadi solusi dalam mengurangi pencemaran air limbah di Kota Manado.

Hadir dalam kesempatan tersebut perangkat daerah terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara Ditjen Cipta Karya, dan Dinas/instansi terkait lainnya.(*/aldi)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan