Desa Tumaluntung Satu, Bangun Jalan, Talud, Drainase dan Gorong-Gorong Dengan Dandes Tahun 2019

Minselmanadoterkini.com, TARERAN-Desa Tumaluntung Satu Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) memanfaatkan Alokasi Dana Desa (Dandes) Tahun 2019 dengan membangun Jalan desa, Talud, Saluran Drainase dan Gorong-Gorong, serta beberapa fasilitas infrastruktur lainnya, serta untuk kegiatan Pemberdayaan Masyarakat.
Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat Hukum tua (Kumtua) Desa Tumaluntung Satu Arter Hadi Mokalu kepada manadoterkini.com Selasa (17/12).
Dia mengatakan bahwa, pada tahun 2019 ini, pihaknya menerima Alokasi Dandes sebesar Rp. 851.000.000.
Proses penyerapan Dandes tahun 2019 ini, tetap dilakukan dengan mengakomodir masukan dan usulan dari warga masyarakat, yang mengedepankan skala prioritas di Desa Tumaluntung Satu sehingga diharapkan hasil ahirnya bisa dicapai secara optimal.
Pihaknya menyatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah, atas dialokasikannya Dandes Tahun 2019 ini, dan berharap program Dandes ini, bisa terus dilanjutkan, demi memacu percepatan pembangunan di Desa-Desa.
Kemudian kepada warga masyarakat, pihaknya menghimbau, agar dapat senantiasa menjaga dan merawat pembangunan yang telah dihasilkan, melalui alokasi Dandes tahun 2019, di Desa Tumaluntung Satu ini, sehingga manfaatnya benar-benar dapat dirasakan secara maksimal oleh semua pihak.
Lanjut Dia, untuk pembangunan jalan Desa ada dua jalan yang telah selesai dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp. 455.801.700, untuk talud ada 10 titik yang dibangun talud dengan anggarkan sebesar Rp. 106.835.500, sedangkan untuk Drainase ada dua unit dengan anggaran Rp. 327.480.500, dan terakhir gorong-gorong ada ada datu unit dengan anggaran sebesar Rp. 17.591.000.
“Untuk jalan Desa dan Talud sudah selesai dikerjakan, sedangkan drainase dan gorong-gorong sementara dalam penyelesaian,” tutupnya.(dav)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan