Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Liow Minta Prabowo Kembalikan Bitung Jadi Sentra Industri Perikanan

×

Liow Minta Prabowo Kembalikan Bitung Jadi Sentra Industri Perikanan

Sebarkan artikel ini

Jakartamanadoterkini.com,  SULUT – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) RI Ir Stefanus Berty Arnicotje Nicolaas Liow, MAP (SBANL) meminta kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo, untuk mengembalikan Kota Bitung Sulawesi Utara sebagai industri perikanan nasional.

Karena menurut Liow, dimasa kepemimpinan sebelumnya di Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, adanya regulasi yang membatasi pengembangan industri perikanan di Sulut.

Bahkan saat ini terinformasi dari tujuh pabrik penggalangan ikan ada yang sudah dijual kepada industri jenis lainnya. Hal ini disampaikan Liow kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo saat Raker dengan Komite II DPD RI di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (22/1).

Mendengar permintaan Senator asal Sulut itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo langsung merespon positif dengan mengatakan segera menindaklanjuti karena Bitung dikenal sebagai Sentra industri perikanan nasional.

Lebih lanjut kata Prabowo bahwa Sulawesi Utara merupakan daerah yang memiliki potensi kelautan dan perikanan strategis, sehingga perlu mendapat perhatian dan prioritas.

Bukan hanya itu tetapi juga Edhy Prabowo merespon positif usulan lainnya yang disampaikan langsung Senator Liow, seperti pengembangan dan pelabuhan perikanan beserta fasilitasnya, sarana prasarana berupa fasilitas dan pembangunan cool chains system (CCS) termasuk cold storage.

Bahkan ketersediaan energi di daerah kepulauan (Talaud, Sangihe, Siraro).

Selain itu menaruh perhatian dalam upaya pengembangan kapasitas SDM dan Iptek kelautan serta perikanan.

Ditengah-tengah Raker tersebut, Edhy Prabowo kembali merespon permohonan dan usulan seraya mengatakan akan melakukan kunjungan kerja khusus di Sulut.

“Titip salam kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan meminta langsung kepada Senator Liow untuk mendampingi dalam kunker nanti,” kata Prabowo didampingi Ketua Komite II DPD RI Yorrys Raweyai. (*/Rizath)