Ambar: Antisipasi Sengketa Pilkada Perlu Dukungan Seluruh Elemen Masyarakat

Minutmanadoterkini.com, AIRMADIDI-Guna mengantisipasi terjadinya sengketa pada Pilkada nanti di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minut berupaya merangkul seluruh elemen masyarakat untuk memberikan pemahaman soal aturan yang berlaku.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Minut, Simon Awui SH, melalui Kordiv Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Rocky Ambar. Dijelaskan upaya meminimalisir terjadinya konflik dan sengketa Pemilu.

“Upaya pencegahan dalam proses terjadinya sengketa perlu dukungan dari semua elemen masyarakat. Karena demokrasi tidak akan bisa berjalan baik tanpa kepatuhan terhadap aturan hukum yang berlaku,” ujar Ambar, Rabu (22/1/2020).

Lanjutnya, mencegah terjadinya sengketa pada Pilkada 2020, perlu sama-sama kita menjaga tradisi baik dan kondusif seperti yang sudah dilakukan pada Pilcaleg lalu. Semua elemen wajib tahu aturan Undang-Undang (UU) khususnya prosedur penganganan sengketa Pemilu.

“Penting untuk tetap menjaga situasi tetap kondusif, agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pihak peserta Pemilu dengan pihak penyelenggara. Perlu diketahui, dalam segi kacamata hukum wewenang Bawaslu mengalami perubahan drastis karena saat ini mempunyai kewenangan lebih, tidak hanya wewenang rekomendasi namun juga sampai pada pada kewenangan penyeleseian sengketa hingga adjudikasi,” tegas Ambar.(Pow)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan