Jum'at, 5 Juni 2020

Sukses Gelar Upacara Adat Tulude, GSVL: Terima Kasih Masyarakat Nusa Utara

manado

Walikota Manado GS Vicky Lumentut mengucapkan terima kasih kepada warga Manado asal Nusa Utara yang telah menyukseskan pelaksanaan Upacara Tulude di Tahun 2020

manadoterkini.com, MANADO – Diberkahi dengan cuaca yang cerah setelah beberapa hari terakhir diguyur hujan yang cukup deras, pelaksanaan Upacara Adat Tulude Kota Manado yang dilaksanakan di Lapangan Sparta Tikala, Rabu (5/2/2020), berjalan dengan sukses.

Masyarakat baik itu dari etnis Nusa Utara maupun yang entnis lain yang ada di Kota Manado terlihat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dimulai dengan prosesi arak-arakkan Kue Tamo dari Gereja Sentrum Manado sampai di Lapangan Sparta Tikala.

Wali Kota G.S Vicky Lumentut saat membawakan sambutan mengatakan, pelaksanaan Upacara Adat Tulude yang adalah budaya Nusa Utara telah menjadi bagian dari program Pemkot Manado setiap tahun.

“Dan terima kasih masyarakat Nusa Utara yang ada Kota Manado telah menyambut baik program kita ini, karena sia-sia jika kita programkan tapi tidak disambut dengan baik,”ungkap wali kota.

Lanjutnya mengatakan, tidak hanya Tulude yang dilaksanakan Pemkot Manado, tapi dalam waktu dekat ini ada Cap Go Meh serta perayaan ritual keagamaan seperti Nyepi, Puasa dan Lebaran sampai Natal.

“Semua ini selain diangkat, digali dan dilestarikan tapi juga menjadi suguhan bagi kepentingan kota yang sedang diarahkan menjadi kota pariwisata. Saya harap program saya dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan ini mendapat dukungan dari seluruh masyarakat Nusa Utara,”kata Wali Kota G.S Vicky Lumentut.

manado

Pemakaian salendang kepada Ketua TP – PKK Kota Manado Prof Paula Lumentut Runtutwene

Sementara itu, Ketua Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) Sulut, Prof. DR Orbanus Naharia, M.Si, mengucapakan banyak terima kasih kepada Wali Kota G.S Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan yang telah memasukkan Upacara Adat Tulude dalam kalender iven Pemkot Manado.

“Ini merupakan bentuk penghargaan kepada masyarakat Nusa Utara yang berdiaspora di Kota Manado. Dimana nilai-nilai budaya Nusa Utara mendapat tempat yang sangat layak di Kota Manado. Oleh sebab itu, sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih,”kata Naharia.

Ia menuturkan, IKISST akan mendukung penuh setiap program pemerintah di Sulut termasuk Pemkot Manado.

“Apapun kebijakan dan program pemerintah kita dukung 100 persen oleh masyarakat Sulawesi Utara yang tergabung dalam Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud,”ujarnya.

Ketua IKISST juga menyampaikan banyak terima kasih kepada para panitia Upacara Adat Tulude Kota Manado yang telah bekerja keras menyukseskan kegiatan tersebut.

“Para panitia telah luar biasa bekerja keras, Pak Pontowuisang Kakauhe dan Semi Mananoma dalam memimpin panitia bekerja sedemikan rupa. Terima kasih telah menyukseskan upacara adat ini,”tukas Prof. DR Orbanus Naharia, M.Si.(*/aldi)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*