Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

Siap Berkarya, IAKN ManadoTerjunkan Mahasiswa KKN di Minahasa

×

Siap Berkarya, IAKN ManadoTerjunkan Mahasiswa KKN di Minahasa

Sebarkan artikel ini

RORmanadoterkini.com, MINAHASA – Insitut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menerjunkan 187 mahasiwa untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Minahasa.

Dalam momentum penerimaan mahasiswa KKN yang dilangsungkan di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa pada Senin (17/02/20), Rektor IAKN Manado Pdt Dr Jeane Marie Tulung STh MPd mengucapkan trima kasih kepada Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi.

“Kami tahu kesibukan dan jadwal padat dari Pak Bupati. Namun dengan penuh sukacita kami bersyukur karena Pak Bupati menyempatkan waktu menerima kami secara langsung,” ujar Tulung.

Lanjutnya, momentum ini adalah tahun kedua IAKN Manado menurunkan mahasiswa KKN. Sebelumnya pada tahun 2018 lalu mahasiswa KKN dari IAKN Manado diterjunkan di Kabupaten Manokwari Selatan. “Karena pada waktu itu kami mengikuti progran KKN dari Kementerian Agama yang lebih menitikberatkan di daerah-daerah yang masuk kategori 3T,” jelasnya.

Lanjutnya untuk tahun 2020, dengan penuh keterbatasan, lewat mahasiswa KKN, pihaknya berusaha memberikan yang terbaik demi pembangunan di Kabupaten Minahasa. Apalagi kampus IAKN terletak di wilayah pemerintahan Kabupaten Minahasa.

Masih menurut Rektor, pada beberapa hari yang lalu, pihaknya telah melaksanakan pembekalan mahasiswa KKN. Dan pada pembekalan, mahasiswa telah dibekali tentang hal-hal pokok yang harus dilakukan selama praktek KKN. “Jadi mahasiswa KKN harus hadir dan menjadi mitra yang baik ditengah masyarakat. Saya yakin mahasiswa IAKN Manado memiliki potensi yang luar biasa. Dan harus dimaksimalkan. Apalagi Kabupaten Minahasa bisa dijadikan contoh model moderasi beragama,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan IAKN Manado karena telah memilih Kabupaten Minahasa sebagai lokasi praktek KKN. “Sebagai Bupati, Wakil Bupati, seluruh perangkat dan masyarakat Minahasa berterima kasih buat civitas akademika IAKN Manado atas kepercayaan ini. Dengan jumlah 187 mahasiswa KKN, tentu adalah jumlah yang besar. Dan tentunya juga dampak dari apa yang akan mereka lakukan selama KKN, diharapkan berdampak besar bagi masyarakat,” ugkap Bupati.

Lanjut Bupati, pastilah apa yang didapat selama ditempa dalam bangku perkuliahan, tentu hal itu yang akan diterapkan saat praktek KKN. “Namun ditengah masyarakat, mahasiswa KKN membutuhkan keterampilan lebih. Karena itu dituntut untuk mampu beradaptasi, membawa diri dan berusaha menyesuaikan dengan kondisi di lokasi KKN dengan baik,” jelas Bupati.

“Kiranya kehadiran adik-adik mahasiswa di lokasi KKN betul-betul memberi manfaat dan nilai positif. Jadi kami menerima dengan resmi dan rasa syukur. Sukses untuk IAKN Manado, sukses untuk kita semua,” pungkas Bupati.

Berikut lokasi-lokasi yang disiapkan Pemkab Minahasa sebagai tempat praktek mahasiswa KKN IAKN Manado.
1. Kecamatan Tondano Selatan
2. Kecamatan Eris
3. Kecamatan Tondano Barat
4. Kecamatan Tondano Timur
5. Kecamatan Kakas
6. Kecamatan Kakas Barat
7. Kecamatan Rmmboken.
(fis)