Minggu, 31 Mei 2020

ROSO-HARUM Hadiri Sosialisasi Tahapan Penyerahan Dukungan Paslon di KPU Minsel

Rosomanadoterkini.com, AMURANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar Koordinasi Tahapan Penerimaan Syarat Dukungan Perseorangan Pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Wakil Bupati Cawabup) Minsel pada pilkada 2020 Senin (17/2/2020) Kemarin.

Pada sosialisasi tersebut dihadiri langsung oleh Paslon dari jalur Independen Royke Sondakh dan Harits Andre Umboh (ROSO-HARUM).

Dalam sambutannya Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga menyampaikan sesuai surat pengumuman, tentang penyerahan syarat dukungan pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Minsel tahun 2020.

KPU Minsel telah menetapkan bahwa, bakal calon Bupati Minsel yang akan maju di Pilkada Minsel 2020 melalui jalur perseorangan harus mengumpulkan dukungan minimal 16. 958 orang dan dukungan tersebut harus tersebar minimal di 17 Kecamatan di Minsel.

Dia juga mengatakan menerangkan KPU akan membuka penerimaan berkas bagi calon perseorangan mulai tanggal 19 sd 23 Februari 2020, jam 08.00 s.d 16.00 WITA bertempat di kantor KPU Kabupaten Minsel Jalan Trans Sulawesi Kelurahan Buyungon Kecamatan Amurang.

“Sesuai dengan DPT 2019 bahwa dukungan di Kabupaten Minsel 6,5% dengan jumlah 16.958 orang, perlu bagi bakal calon menyiapkan dukungan tersebut melalui Form B1-KWK (Formulir Dukungan) dan Foto Copy KTP Elektronik. Satu orang pendukung Satu orang B1-KWK, Satu KTP Electronik” jelasnya.

Ditempat yang sama Ketua Bawaslu Kabupaten Minsel Eva Keintjem menanggapi Sosialisasi yang dilaksanakan KPU tentang persiapan calon persorangan, menegaskan bahwa KPU telah melaksanakan sosialisasi terkait calon perseorangan.

Tentu halnya ini juga merupakan tugas bagi Bawaslu untuk mengawasi setiap tahapan-tahapan termasuk verifikasi tentang dukungan yang dilakukan ataupun pencalonan dari perseorangan.

Ditempat terpisah, Royke Sondakh (ROSO) pada kesempatan tersebut meminta jaminan agar data yang dimiliki oleh timnya tidak sampai bocor keluar.

“Kami minta jaminan dari pihak KPU, agar data yang kami miliki tidaklah bocor ke luar. Hal ini agar tidak terjadi intervensi ke pendukung di lapangan. Namun kami mengapresiasi kerja yang dilakukan oleh KPU Minsel,” ujarnya.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, Kordinator Divisi Teknis KPU Sulut Jessy Momongan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Minsel, KPU Kabupaten Minsel, utusan dari Polres Minsel, serta dari Dinas Kesbangpol Minsel dan Dukcapil Minsel.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*