Minggu, 31 Mei 2020

‘Drama’ pembentukan AKD berakhir, PDI-P Cs serahkan Ketua Komisi II DPRD Minsel ke Fraksi Golkar

minsel

Inilah anggota DRPD Minsel yang tergabung dalam koalisi PDIP Cs

manadoterkini.com, AMURANG -Tak ingin berpolemik panjang, tiga fraksi di DPRD Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yakni PDI-P, Demokrat dan Primanas yang sempat membentuk susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akhirnya menyerah Ketua Komisi II kepada Fraksi Golkar.

Dimana koalisi PDIP Cs yang berjumlah 16 anggota legislator sepakat menyerahkan kursi Ketua Komisi II kepada Partai Golkar, setelah melalui rapat tertutup.

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil ketua DPRD Minsel Stefanus Lumowa SE dan Wakil ketua DPRD Paulman Runtuwene.

“Ya, kami sudah melakukan rapat tertutup, dan kami sepakat untuk ketua komisi II akan diisi oleh Fraksi Golkar, dan masalah ini sudah kami sampaikan ke Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE melalui Sekwan Joins Langkung,” ujar keduanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE mengatakan, dirinya selaku pimpinan menyambut baik niat tiga fraksi ini untuk mengirimkan nama anggota fraksinya untuk dimasukkan ke dalam AKD.

Politisi Golkar ini memastikan tidak ada deal-deal apapun di sini, semuanya demi kebaikan DPRD Minsel yang harus menjalankan amanah rakyat dalam tiga tugas, yakni Legislasi, penganggaran dan controlling.

“Setiap anggota dewan kan wajib masuk AKD, itu diatur Tatib dan Peraturan Pemerintah (PP), saya cuma ketok palu saja, tidak ada deal-deal apapun,” katanya.

Dengan bergabungnya dua fraksi ini, Tumbuan optimis DPRD Minsel bisa menyelesaikan tugas mereka.

Kendati kekuatan koalisi 16 cukup besar untuk mempertahankan komposisi awal, namun Lumowa mengaku harus legowo. “Ini demi kepentingan warga Minsel,” tukasnya.

Sementara, masih menurut koalisi 16, Fraksi Nasdem mendapatkan jatah di Komisi 1, yakni sebagai wakil ketua. Sedangkan Ketua Komisi 1 masih kokoh diduduki Royke Kaloh dari Fraksi Demokrat, Ketua Komisi 3 Jhonly Ombeng dari Fraksi PDIP dan Ketua Badan Kehormatan Abdul Saman Katili dari Fraksi Primanas.

Jika tidak ada aral melintang, Rapat Paripurna Pembentukan dan Pengesahan AKD di DPRD Minsel, segera dilaksanakan hari ini, Rabu (26/2/2020).

“Sesuai hasil rapat, Rapat Paripurna penetapan AKD akan dilaksanakan hari ini,” kata Jacklin Koloay ketua Fraksi Primanas.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*