Warga Minsel Dukung Kapolda Sulut Tertibkan Tambang Liar

manadoterkini.com, AMURANG-Instruksi Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Royke Lumowa untuk melakukan penertiban terhadap para penambang liar di wilayah Sulut disambut oleh tokoh masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Menurut Toar Lengkong warga Minsel yang juga Aktivis LI Tipikor wilayah Indonesia Timur mengatakan, dirinya selaku warga Minsel mendukung penuh apa yang akan dilakukan oleh Kapolda Sulut dan jajarannya dalam rangka menertibkan tambang liar atau penambangan tanpa ijin (PETI). Hal ini dikarenakan, jika penertiban dilakukan maka akan meminimalisir angka kriminalitas dan juga ancaman kondisi sosial dan lingkungan.
“Ini juga hal yang positif karena masyarakat diberikan pemahaman agar jika ingin melakukan penambangan harus mematuhi ketentuan yang berlaku seperti ijin usaha pertambangan, ijin lingkungan serta kewajiban membayar retribusi atau royalti,” tandasnya.
Sementara itu ditempat terpisah salah satu warga Motoling Timur mengaku bahwa, di wilayah Kecamatan Motoling Timur tepatnya di Desa Tokin Kabupaten Minsel diduga ada oknum tokoh masyarakat yang menghasut warga untuk menambang.
“Ada oknum secara terbuka mengajak kami selaku warga untuk menambang secara illegal yang ini berkedok organisasi penambang,” ujarnya.
Menurut dia, awalnya mereka menyambut positif akan ajakan tersebut namun setelah ditelusuri organisasi ini memang punya legalitas tapi untuk ijin menambang dan ijin lingkungan tidak ada sehingga dikhawatirkan akan berdampak hukum kedepannya.
“Yang menjadi ironi, oknum tersebut akan mencalonkan diri sebagai hukum tua tapi ingin mengajak kami masyarakat melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum yang berlaku,” tukasnya sambil meminta namanya jangan dipublikasikan.
Sebrlumnya, Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa menegaskan akan menindklanjuti para penambang yang tidak memiliki ijin, bahkan menurut Kapolda jika ada anggota yang mengback up, dirinya tidak segan-segan untuk pidanakan sampai PTDH oknum polisi yang berani memback up PETI.
“Saya sudah perintahkan Kapolres untuk menertibkan tambang ilegal,” tandasnya saat memberikan pembekalan kepada ratusan siswa SPN Karombasan belum lama ini.(dav)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan