Jum'at, 3 April 2020

ROR Minta Masyarakat Tidak Khawatir Berlebihan Terhadap Ancaman Covid 19

Minahasamanadoterkini.com, MINAHASA – Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi meminta supaya masyarakat tidak khawatir berlebihan terhadap acaman virus korona (covid 19) yang mewabah di sejumlah penjuru dinia termasuk Indonesia.

Karena menurutnya, pemerintah pusat sampai di daerah-daerah telah dan sementara melakukan langkah-langkah strategis untuk melenyapkan virus tersebut. “Khawatir itu normal. Tapi jangan berlebihan. Mari kita pahami situasi sekarang dengan bijaksana. Patuhi arahan-arahan dari pemerintah,” ujar ROR pasca melakukan rapat bersama jajaran dan Forkopimda pada Senin (16/03/2020).

Diketahui dalam rapat tersebut Bupati Minahasa bersama Forkopimda membahas tentang penanganan dan pengawasan covid 19 yang sementara meresahkan bangsa Indonesia. Pemkab Minahasa bersama Forkopimda juga menjamin meningkatkan kinerja dan pengawasan pemerintah terhadap covid 19 lewat instansi-instansi terkait dan telah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat tentang penanganan dini covid 19.

“Bupati juga telah menginstruksikan supaya mengkarantina diri sendiri, terutama kepada mereka yang baru pulang dari luar negeri. Juga telah ada instruksi bupati untuk libur sekolah Paud/TK, SD dan SMP baik swasta maupun negeri di Minahasa untuk memutuskan rantai penyebaran covid 19,” ungkap juru bicara Pemkab Minahasa, Maya Kainde SH MAP.

“Masyarakat diminta untuk membantu pemerintah dalam mengawasi. Apabila ada yang memiliki tanda-tanda virus korona, segera dibawah ke rumah sakit terdekat,” tambah wanita yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan tersebut.

Rapat tersebut dihadiri Kajari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani, SH,M.Kn, dandim 1302 Minahasa Letkol (Inf) Slamet Raharjo, S.Sos, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang. SIK, Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, SE , Sekretaris Daerah Minahasa Frits Muntu, S.Sos, Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala, MSi, Kaban Kesbangpol Ir Janny H. Moniung.

Berikut merupakan himbauan dari WHO terkait encegah virus korona / covid 19:
1. Virus Korona dapat hidup di tangan kita selama 10 menit. Simpanlah sterilizer beralkohol di dalam kantong kita untuk pencegahan
2. Virus Korona menempel pada kain bertahan selama 9 jam. Cucilah pakaian atau jemur dibawah sinar matahari selama 2 jam untuk membunuhnya
3. Virus Korona (covid 19) besar ukurannya dengan diameter sel sebesar 400 – 500 micro. Semua jenis masker dapat mencegah masuknya virus ini.
4. Virus Korona yang menempel pada permukaan logam akan bertahan selama 12 jam, jadi mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air sudah cukup.
5. Berkumurlah dengan air hangat dan tambahkan garam untuk membunuh kuman-kuman dan untuk mencegahnya masuk kedalam paru-paru.
6. Bila virus terpapar di temperatur 26-27c, virus tersebut akan mati, oleh sebab itu virus ini tidak hidup di daerah panas. Minum air hangat dan berjemur dibawah matahari juga akan bermanfaat dan disarankan untuk tidak mengkonsumsi es krim dan makanan dingin.
7. Virus korona tidak menetap di udara tetapi menempel di permukaan benda, jadi virus ini tidak ditularkan dari udara.
8. Jika ada sedang sakit, gunakan masker untuk mencegah penularan. (fis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*