Cegah Covid-19, Pemkab dan DPRD Bolmong Sidak Aktifitas Pelabuhan PT CONCH

Bolmongmanadoterkini.com, LOLAK- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan DPRD Bolaang Mongondow (Bolmong) Pada Kamis (26/3/2020) kemarin melakukan inspeksi mendadak kepada para karyawan PT Conch North Sulawesi Cement (CONCH) di Kabupaten Bolmong.

Mengingat di perusahan tersebut mempekerjakan sejumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina yang melakukan aktifitasi di perusahan semen tersebut.
Apalagi saat ini indonesia sangat rawan terkait dengan penyebaran Virus Corona (COVID-19). Untuk itu, tim gugus tugas COVID 19  turun langsung di lokasi pelabuhan PT CONCH.

“Dari hasil inspeksi kami, untuk TKA dan pekerja lokal  masih aman dari penyebaran COVID-19, sebab PT Conch juga melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan SOP perusahaan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong, melalui Kepala Bidang Pengendalian Pencegahan Penyakit Yusuf Detu kepada sejumlah wartawan.

Dia mengatakan bahwa, para TKA tidak diizinkan keluar masuk perusahaan. Dan setiap saat mereka dilakukan pemeriksaan kesehatan, serta suhu badan.

Selain itu perusahaan juga melakukan penyemprotan desinfektan.
“Oleh sebab itu masyarakat seputar perusahaan tidak perlu panik,” jaminnya.

Sementara itu, Plt Asisten I Bolmong Deker Rompas mengatakan saat melakukan pemantauan pihaknya dijemput oleh managemen PT Conch di pintu masuk atau pos penjagaan.

“Saat masuk, kami dari tim diwajibkan mengunakan masker standar. Selanjutnya dilakukan test suhu badan serta penyemprotan disinfektan baik anggota tim maupun kendaraan yang masuk. Sesuai penjelasan dari pihak PT Conch, perusahan telah melakukan upaya antisipasi terhadap Covid-19 ini,” ungkapnya.

BolmongRompas juga menjelaskan, bagi karyawan PT CONCH telah memeberlakukan larangan bagi mereka yang keluar daerah. Terutama yang melakukan perjalanan antar daerah dan propinsi.

“Jadi semua  karyawan diwajibkan tinggal dalam  mess. Sedangkan bagi karyawan yang keluar setelah masuk, wajib test suhu badan serta disemprot disinfektan. Semua tamu perusahaan termasuk sopir angkutan barang yang masuk juga  wajib mematuhi SOP perusahaan,” tandasnya.

Sementara itu Anggota DPRD Bolmong Supandri Damogalad SIP yang juga turut hadir mengatakan, Sidak tersebut bertujuan untuk memantau langsung aktivitas keluar-masuknya kapal Asing di pelabuhan PT. CONCH.

“Sidak itu dilakukan untuk memantau aktivitas kapal yang keluar-masuk di pelabuhan PT CONCH, hal ini dilakukan berkaitan dengan pencegahan Covid-19,” terangnya.

Dia mengungkapkan dalam sidak tersebut dilakukan pemerikasaan terhadap para ABK kapal.
“SOP yang dilakukan dalam pemeriksaan ABK tersebut, terkait suhu tubuh yang lebih dari 37 derajat, tetapi dalam pemeriksaan tadi, tidak ada ABK yang ditemukan seperti itu,” ujarnya sembari berharap, pihak perusahan untuk dapat melaporkan aktivitas di Pelabuhan kepada Pemerintah, terutama ketika ada kapal masuk kiranya dapat  melakukan giat bongkar muat.

“Saya minta kapal yang masuk agar dapat melibatkan pemerintah, aparat keamanan untuk memantau aktivitas ABK kapal,” pintah Damogalad yang juga Ketua Fraksi Partai PKB Bolmong ini.

Pada sidak kali ini dihadiri juga oleh anggota DPRD Bolmong Fazal Al’ Zagladi SH MH, Kepala kantor Imigrasi Kls III Kotamobagu, Dan Pos TNI AL Labuan Uki, Kepala Kantor KKP Labuan Uki, Kepala  KUPP Kls III Labuan Uki, Camat Lolak, Camat Bolaang,  Kapolsek Lolak, Kapolsek Bolaang, Danramil Lolak,  Unsur Sat Pol. PP, Lurah Inbonto I, Unsur Dinas Kesehatan Kabid, Kepala Puskesmas (Kampus) Lolak, dan  Kapus Inobonto. (dav)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan