Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Pemprov Sulut Semprot 16 Ribu Liter Disinfektan di Manado

×

Pemprov Sulut Semprot 16 Ribu Liter Disinfektan di Manado

Sebarkan artikel ini

Sulutmanadoterkini.com,  SULUT – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) hari ini melakukan penyemprotan 16 ribu liter disinfektan di Manado.

Menurut Kabid Komunikasi Dan Informasi Publik di Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Daerah Sulut Ivonne Kawatu mengatakan dengan adanya Instruksi Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven Kandouw yang diarahkan oleh Sekprov Edwin Silangen SE, melalui Satuan Pamong Praja (Satpol-PP) dalam hal ini Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar), mulai melakukan penyemprotan disinfektan.

Penyemprotan itu sendiri dilakukan dengan skala cukup besar pada sarana publik yang ada di Sulut.

“Pada tahap awal penyemprotan Sabtu (28/3/2020) siang tadi, dilakukan penyemprotan sekitar 16 ribu liter disinfektan di sejumlah titik di Kota Manado,” ujar Kawatu.

Lanjut Kawatu, rombongan yang dipimpin langsung Kasat Satpol-PP Sulut Farly Kotambunan dan Kabid Damkar Stenly Liow SE, mengawali penyemprotan di beberapa lokasi di Kelurahan Winangun, selanjutnya menyusuri jalan utama Winangun hingga ke Pasar Pinansungkulan Karombasan, Jalan Sam Ratulangi Wanea depan Coco Supermarket melewati jalan Bethesda hingga masuk Jalan Kembang sampai Jalan Siswa.

Sempat rehat sejenak saat mengisi desinfektan di mobil damkar berkapasitas 4 ribu liter, dilanjutkan menyusuri jalan Samrat Wanea depan Fista Ria, lanjut ke jalan Babe Palar Rike, sepanjang jalan 17 Agustus Teling hingga kawasan Bumi Beringin.

“Kembali melakukan pengisian, iring-iringan menyusuri sepanjang jalan Martadinata dan berakhir di Kayuwatu,” terang Kawatu.

Sementara itu, Kasatpol PP Sulut Farly Kotambunan mengatakan penyemprotan ini merupakan instruksi dari Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw dalam upaya memerangi penyebaran COVID-19.

“Sesuai instruksi pak gubernur dan pak Wagub penyemprotan disinfektan dapat dilakukan di sejumlah titik yang dapat kami jangkau, dan penyemprotan ini merupakan tahap awal, masih akan kembali dilakukan pada hari-hari berikutnya,” jelas Kotambunan.

Kabid Damkar Stenly Liow menambahkan pada tahap pertama ini sekitar 16 ribu liter disinfektan yang disemprot di sejumlah lokasi di Kota Manado.

“Dua armada Damkar dengan kapasitas masing-masing sekitar 4 ribu liter yang digunakan, namun ada dua kali pengisian di jalan, jadi sekitar 16 ribu liter yang disemprot hari ini,” jelas Liow yang berharap tindakan ini dapat diikuti pemerintah di kabupaten kota, mengingat faktor jarak menjadi kendala bagi armada Pemprov. (*/Rizath)