1 April, Pasien COVID-19 di Sulut Berjumlah 3 Orang

manadomanadoterkini.com, SULUT – Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr Steven Dandel menegaskan bahwa pasien positif Virus Corona (COVID-19) di Sulut bertambah satu orang menjadi total 3 orang.

Penyampaian tersebut disampaikan Steven Dandel saat jumpa pers di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, Rabu (1/4/2020).

“Hari Minggu (29/3/202) kami dapat notifikasi bahwa ada satu PDP disalah satu sampelnya ditemukan teridentifikasi unsur genetik SARS COV-2 dan hari ini, Rabu (1/4/2020) kami dapat konfirmasi bahwa yang bersangkutan dinyatakan positif,” tegas Steven Dandel.

Dengan begitu, jumlah pasien yang dinyatakan positif di Sulut berjumlah 3 orang. Jadi kasus kita kasus 58, kasus 660 dan kasus 1535.

Menurut Dandel, pasien positif COVID-19 yang ketiga tersebut memang betul datang dari perjalanan dari Eropa.

“Selama satu hari dia di Kota Manado karena punya rumah di Manado, kemudian dia merasa sakit dan berobat dan kemudian dia disitu dirujuk ke ruang Isolasi karena memenuhi syarat sebagai pasien dalam pengawasan. Sampelnya diambil dan dapat konfirmasi hari Minggu hasilnya positif,” tegas Steven Dandel.

Identitas pasien itu berjenis kelamin perempuan, umur 39 tahun, punya KTP beralamat Kota Tomohon.

“KTP nya Tomohon tetapi dalam perjalanannya setelah dia pulang (dari Eropa) dia tidak ke Tomohon. Jadi dia langsung mengisolasi diri secara mandiri, dirumahnya (Manado).”

“Sempat melakukan kontak eratnya dengan tujuh orang, dan kami sudah lokalisir ke tujuh orang diam di rumah juga dan akan kami periksa Swab untuk membuktikan bahwa apakah itu tertular atau tidak,” jelas Dandel.

Seperti diketahui, pasien kasus 58 pada dua kali pemeriksaan terakhir sudah dinyatakan negatif (sembuh), sehari dinyatakan sembuh, pasien 58 meninggal, dugaan kuat karena penyakit penyertaannya yaitu gagal ginjal stage lima (stadium lima). Penyakit itu sendiri (gagal ginjal) telah didapat saat pasien 58 belum terkena positif COVID-19. (Rizath)

Covid 19 positif covid 19 sulut steven dandel

Posting Terkait

Tinggalkan pesan