Prihatin Ketersediaan APD di RSUD dan Puskesmas, Komisi III Lakukan Sidak

Minselmanadoterkini.com, AMURANG – Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, Komisi III DPRD Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melakukan sidak ke Puskesmas-Puskesmas yang ada di Kabupaten Minsel Jumat (5/4/2020).

Sidak tersebut guna melihat kesiapan Alat Pelindung Diri (APD) dan alat penunjang lainnya di Fasilitas Kesehatan tingkat Pertama.

Menurut Frangky Lelengboto ST selaku pimpinan komisi III DPRD Minsel, pihaknya melakukan sidak guna melihat kesiapan APD dan alat penunjang lainnya ditingkat puskesmas.

MinselHal ini dirasa sangat penting lantaran keselamatan tenaga medis yang bertugas di tingkat puskesmas sangat perlu diperhatikan.

“Puskesmas kan merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan, sehingga tenaga medis di tingkat puskesmas lah yang langsung bersentuhan pertama kali dengan masyarakat yang kurang enak badan. Sebagai tempat yang pertama kali mendeteksi keluhan kesehatan masyarakat, seharusnya para tenaga medis di tingkat puskesmas dibekali APD yang memadahi, agar keselamatan mereka terjaga. Apalagi sekarang kan sedang mewabah virus mematikan jenis Covid-19,” ujar Politisi PDI-P itu.

Dari hasil sidak yang dilakukannya, Frato sapaan akrabnya merasa sangat prihatin karena belum ada APD serta alat penunjang lainnya yang ada di tingkat Puskesmas.

Minsel“Saya lihat untuk APD dan alat penunjang lainnya masih sangat minim, sehingga merasa prihatin,” ungkapnya.

Dia pun berharap, agar pihak Dinas terkait untuk dapat segera menyalurkan dan melengkapi APD dan alat penunjang lainnya di tingkat Puskesmas.

“Demi keselamatan para tenaga medis yang ada di Puskemas, saya harap Dinas Kesahatan Minsel dapat segera menyalurkan APD di Puskesmas-Puskesmas yang ada di Minsel. Mari kita waspada dan menjaga serta saling membantu untuk mencegah agar penyebaran virus corona tidak meluas,” imbuhnya.

Sementara itu, ditempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Minsel dr. Erwin Scouten melalui Sekretaris Dinkes Minsel Rein J Koleangan mengatakan, jika pihaknya sedang berupaya memenuhi kebutahan APD dan alat lenunjang lainnya.

“Iya kita sedang berupaya memenuhi kebutuhan tersebut. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan sudah ada yang bisa terpenuhi,” katanya.

Dirinya mengaku saat ini belum ada APD dan alat penunjang lainnya merupakan kendala yang sedang dihadapi semua Fasilitas Kesehatan (Faskes).

“Ini kendala yang dihadapi semua faskes saat ini. Barang di pasaran gak ada. Duit ada tapi barang ngak tersedia,” katanya.

Adapun Puskesmas yang di sidak, RSUD Amurang, Puskesmas Ongkaw, Puskesmas dan Puskesmas Tenga.
Hadir dalam sidak tersebut, Wakil Ketua Komisi III Lady Monalisa Langie, dan Anggota Elsje Sumual, Rita Lolowang, serta Saman Katili ST.(dav)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan