Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Pemprov Sulut Siapkan Lahan Pekuburan Khusus COVID-19

×

Pemprov Sulut Siapkan Lahan Pekuburan Khusus COVID-19

Sebarkan artikel ini

Sulitmanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memaparkan upaya pihaknya bersama pemerintah kabupaten/kota untuk menyiapkan lahan pemakaman khusus jenazah pasien COVID-19.

Hal itu untuk mencegah terulangnya kembali insiden penolakan jenazah seperti yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Penyampaian tersebut dikatakan Olly saat melakukan video conference dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga sebagai Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo, Rabu (22/4/2020).

“Menyangkut pemakaman pasien dalam perawatan seringkali mendapat penolakan dari masyarakat. Sementara ini Pemerintah Provinsi sedang berkoordinasi untuk menyiapkan lahan Pemerintah Provinsi sebesar 5 hektar untuk persiapan agar supaya tidak ada penolakan dari masyarakat.”

“Kita akan menyediakan tempat pemakaman orang yang terdampak maupun pasien dalam perawatan. Kita koordinasi mudah-mudahan tidak ada penolakan untuk kita membuat tempat pemakaman,” kata Olly kepada Doni Monardo.

SulutSelain menyiapkan lahan pemakaman, Olly menerangkan bahwa gugus tugas COVID-19 Sulut akan menyiapkan peralatan lengkap termasuk eskavator untuk mencegah kerumunan orang yang terlibat dalam pemakaman sesuai physical distancing.

“Kami siapkan dengan perangkat alat-alat yang lengkap termasuk ekskavator supaya kita menggali kuburan ini tidak perlu banyak orang. Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik dan tentunya apa yang kita persiapkan ini mudah-mudahan tidak dipakai,” ungkap Olly.

Sementara itu, Doni Monardo mengapresiasi upaya Gubernur Sulut untuk menyediakan pemakaman khusus pasien COVID-19.

Dirinya juga berjanji akan meneruskan setiap kendala kepada kementerian terkait supaya dapat segera diatasi.

“Terima kasih Pak Gubernur dan semua jajaran atas upaya dan kerja. Adalah hal yang sangat baik jika Pak Gubernur memutuskan untuk menyiapkan tempat pemakaman khusus bagi pasien COVID-19,” ujar Monardo. (*/Rizath)