Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Pemprov, sigap dan tanggap menyediakan lahan Pekuburan

×

Pemprov, sigap dan tanggap menyediakan lahan Pekuburan

Sebarkan artikel ini

Penulis: Dra. Ivonne R.J Kawatu

Sulutmanadoterkini.com, SULUT – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Gubernur Olly Dondokambey tetap optimis terkait penyediaan atas lahan pekuburan jenazah COVID-19.

Walaupun terjadi penolakan oleh sebagian warga di kabupaten Minut, Kecamatan Wori, tapi Gubernur, masih berharap agar warga ada kepekaan hati, mampu melihat dengan mata iman, untuk melapangkan dada membuka diri demi kemanusiaan.

“Pakai akal sehatlah, jangan tergesagesa mengambil keputusan, kalaupun ada kajian yang mendasar sehingga menjadikan alasan penolakan,  silahkan saja berargumen,
hal yang biasa ketika ada  pertentangan seperti ini,
pro dan kontra, asalkan jangan ada ricuh disana atau ada selipan kata yang tidak sepantasnya di ucapkan,” kata Kabid Komunikasi Dan Informasi Publik Dra. Ivonne R.J Kawatu.

Lanjut Kawatu kebijakan Pemprov menetapkan lokasi pekuburan di Kecamatan Wori, tentu berpijak pada aturan yang ada, termasuk juga telah memikirkan dampak dan kenyamanan warga sekitar bukan tidak.

Pemerintah Provinsi berharap ketika ada kejadian seperti ini, Pemerintah setempat pun,  haruslah  menjembatani, jangan ada egoistis pribadi, sehingga bukannya meredam tapi lebih memperkeruh keadaan.
Kita dalam situasi sulit, sedang bergumul, kepala harus dingin tanpa emosi dan ciptakan selalu kedamaian bukan kekacauan.

Karena baik Pemprov dan Pemkab/kota, sama-sama sedang memperjuangkan keberadaan yang tertimpa akibat COVID-19.

Untuk Pencapaian tujuan, tentu  sangat di perlukan koordinasi,  sinergitas dan kolaborasi
Dengan tetap lestarikan pribahasa “sitou timou tumou tou” dan bekerja secara gotong royong atau mapalus.

Hilangkan stigma seolah olah yang terkena menjadi aib, men just apalagi menolak penguburan jenazah, mereka telah menderita jangan di tambah lagi penderitaan yang lebih menyakitkan. Menolak apalagi di kampung halaman sendiri, sangat miris tentu dan alasan inilah sehingga Pemerintah Provinsi Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw dengan sigap dan tanggap menggelorakan semangat kepada Kabupaten/kota untuk menyediakan lahan milik Pemerintah setempat  menjadikan Pekuburan Jenazah.

Sehingga ketika terjadi penolakan,  sudah ada langkah yang tepat, menampung dilahan yang sudah disiapkan, alhasil terjawab lah,  sebagaimana pernyataan 3 (tiga) kepala daerah yaitu Bupati Minahasa Roy Roring menyediakan lahan pekuburan di Kalasey kecamatan Mandolang,  Wali Kota Manado Vecky Lumentut menyediakan di Kaiwatu kecamatan Kairagi dan Wali Kota Tomohon Jimmy Eman juga menyediakan di Tomohon.

Ini peruntukannya bukan hanya  warganya saja, tapi bagi mereka yang pemakamannya di tolak.

Pemprov sangat apresiasi kebesaran hati dari ke 3 kabupaten/kota ini dan mengajak kepada Pemerintah kabupaten/kota lainnya mencontoh hal serupa dan kepada masyarakat agar mendukung kebijakan yang sudah diambil oleh kabupaten/kota masing-masing yang telah menyiapkan lahan pekuburan.

Juga berharap untuk tidak ada penolakan lagi, terhadap penguburan jenazah, karena pasti menyakitkan bagi keluarga yang mengalami,  Ibarat sudah jatuh,  tertimpa tangga pula.

Sadarkah, hal serupa juga dapat terjadi kepada keluarga kita?

Hatilah yang berbicara dan pulihkan dunia dengan memberlakukan himbauan pemerintah. Jaga jarak, di rumah saja, cuci tangan pakai sabun, pake masker ketika di luar rumah itupun kalau terpaksa dan tidak mudik.