Berkontak Dengan Pasien Positif Covid-19 Minsel, 11 Orang Jalani Tes Swab

Minsel

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Minsel dr Erwin Scouten

manadoterkini.com, AMURANG – Sedikitnya 11 orang yang merupakan keluarga pasien yang positif Covid-19 menjalani tes swab Covid-19 pada Kamis (14/5/2020) siang tadi. Hal tersebut disampaikan Jubir Gugus Tugas Covid-19 Minsel dr Erwin Scouten kepada manadoterkini.com.

Dia mengatakan, 11 orang yang menjalani tes swab merupakan anggota keluarga dan kerabat dari pasien yang telah dinyatakan positif Covid-19 di Minsel. “Swab test dilakukan kepada 11 orang ini yang merupakan kontak erat resiko tinggi (KERT), dari mereka yang pernah berinteraksi dengan pasien (positif Covid-19),”katanya.

Hasil laboratorium dari tes swab itu nantinya menentukan tindak lanjut terhadap belasan warga tersebut. Dia berharap seluruh warganya itu dinyatakan negatif Covid-19 sehingga hanya perlu dilakukan isolasi mandiri.

Lanjut Dia mengatakan bahwa, saat ini sedang dilakukan juga penyelidikan epidemologi oleh tim surveilans dari 11 warga yang masuk KERT. “Ini perlu kita lakukan untuk menelusuri penyebaran Covid-19 maupun asal usul dari terjangkitnya nomor 80 asal Minsel. Untuk warga kami mintakan tetap tenang. Tinggal di rumah dan mengikut protokol kesehatan yang ditetapkan. Mari kita sama-sama mencegah penyebarannya,” jelasnya.

Sebelumnya diketahui pasien nomor 80 yang dinyatakan positif pada 12 Mei ini, tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Bethesda Tomohon sejak tanggal 6 Mei.

Hasil pemeriksaan pertama dan kedua dikatakan negatif. Namun saat menjalani test ketiga kali, hasilnya positif. Korban sendiri tidak punya riwayat perjalanan keluar daerah transmisi lokal ataupun kontak erat dengan pasien positif.(dav)

Covid 19 dr Erwin Scouten Pasitif Tes Swab

Posting Terkait

Tinggalkan pesan